Beranda Kegiatan KTT G20, Polisi Perketat Penjagaan di Pelabuhan Tikus Lombok-Bali

KTT G20, Polisi Perketat Penjagaan di Pelabuhan Tikus Lombok-Bali

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Kepolisian Resor Lombok Barat perketat jalur penyeberangan menuju Pelabuhan Padangbai Bali dari Pelabuhan Lembar, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB). Hal itu menjadi bagian dari pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan digelar di Bali pada pertengahan November 2022.

Kapolres Lombok Barat AKBP Wirasto Adi Nugroho mengatakan, petugas juga akan menyisir 10 jalur tikus di Lombok Barat. Pengawasan dilakukan secara preventif, preemtif, dan represif.

“Yang difokuskan itu kegiatan pengawasan pintu masuk untuk penyeberangan menuju Bali dari Pelabuhan Lembar dan juga sisir jalur tikus di Lombok Barat,” kata Wirasto, Selasa (1/11/2022).

Wirasto menjelaskan, sebanyak 40 orang personel diterjunkan untuk melakukan pengamanan di kawasan pelabuhan menjelang KTT G20. Polisi menemukan 10 jalur tikus di wilayah Kecamatan Sekotong, Lombok Barat.

“Ada 10 jalur tikus dan kebanyakan di wilayah Sekotong. Ini termasuk tempat yang kita monitor. Sehingga harapannya nanti lalu lintas orang perahu bisa dimonitor memperketat selama pelaksanaan KTT G20,” ujar Wirasto.

Selain itu, tim Samapta Polres Lombok Barat juga melibatkan dua anjing pelacak di area Pelabuhan Lembar Lombok Barat. Hal ini untuk mengantisipasi ancaman teror dan kelompok radikal. “Kita sudah latih untuk dua anjing pelacak. Dua ini bisa melacak bahan peledak dan narkotika,” kata Wirasto.

Ia menegaskan, Polres Lombok Barat terus berkoordinasi dengan Polda Bali untuk mem-back up pengamanan KTT G20 di Bali. “Jika ada tindakan represif atau ditemukan kasus hukum di lapangan dan diperairan kita akan lakukan penegakan hukum tegas,” pungkasnya.

Related Articles