Beranda Kegiatan Korlantas Polri Melaksanakan Kampus Pelopor Keselamatan berlalu lintas di Riau, Wujudkan Road Safety To Zero Accident

Korlantas Polri Melaksanakan Kampus Pelopor Keselamatan berlalu lintas di Riau, Wujudkan Road Safety To Zero Accident

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi diwakili Kasubdit Dikmas Ditkamsel Korlantas Polri Kombes Pol Arman Achdiat, melaksanakan program Kampus Pelopor Keselamatan (KaPeKa) Berlalu Lintas di Universitas Islam Riau pada Rabu (28/09/22).

Program Kampus Pelopor Keselamatan (KaPeKa) berlalu lintas sudah dua kali di laksanakan di Polda Riau, dan yang pertama dilaksanakan pada tahun 2015 bertepatan di Univiersitas Riau (UNRI).

Mahasiswa sebagai agen of change dalam tertib berlalu lintas dalam membangun budaya tertib berlalu lintas di lingkungan kampus.

“Dengan kegiatan ini kita berharap bahwa tertib berlalu lintas juga diperlukan di seluruh element masyarakat, terutama masyarakat terpelajar seperti mahasiswa dan mahasiswi yang memang selalu kita gencarkan dan gelorakan tentang bagaimana kita beretika untuk disiplin berlalu lintas yang baik dan benar di jalan.” ujar Kasubdit Dikmas Ditkamsel Korlantas Polri Kombes Pol Arman Achdiat.

Wakil Rektor III Universitas Islam Riau, Admiral, mengatakan kegitan positif tersebut merupakan penambahan edukasi bagi para mahasiswa khususnya dalam keselamatan berlalu lintas dijalan.

“Kami merespon positif dan memberikan apresiasi kepada teman-teman dari Korlantas Polri bekerjasama dengan Direktorat Lalu Lintas Polda Riau, yang telah menginisiasi kegiatan untuk mengedukasi ade-ade mahasiswa kami sehingga dapat turut berpartisipasi sebagai pelopor keselamatan berlalu lintas” tegas Wakil Rektor III Universitas Islam Riau, Admiral.

Perwakilan mahasiswa dan mahasiswi Universitas Islam Riau juga membacakan deklarasi Pelopor Keselamatan Berlalulintas, disertai kegiatan penyerahan pin pelopor keselamatan berlalu lintas kepada perwakilan mahasiswa dan mahasiswi yang terpilih.

Selama melaksanakan kampus pelopor keselamatan berlalu lintas, petugas Kepolisian juga memberikan pembelajaran Safety Riding saat berkendara dan pelatihan Penanganan Pada Korban Kecelakaan Lalu Lintas dan Pertolongan Pertama Kecelakaan Lalu Lintas Pada Tempat Kejadian (TPTKP).

Dirlantas Polda Riau Kombes Pol Firman Darmansyah, juga mengucapkan terimakasih kepada Korlantas Polri dan berharap sosialisasi keselamatan berlalu lintas dapat terwujud hingga menurunkan tingkat fatalitas kecelakaan di wilayah Riau.

“Sosialisasi keselamatan berlalu lintas kepada mahasiswa dan mahasiswi Universitas Islam Riau merupakan suatu kebanggan dengan itu diharapkan kamseltibcarlantas di wilayah Riau dapat berjalan dengan baik serta dapat menurunkan angka fatalitas kecelakaan lalu lintas” ucap Kombes Pol Firman Darmansyah.

Dalam kegiatan tersebut, terdapat juga seminar pembekalan keselamatan berkendara yang diisi oleh pembicara dari Pakar Psikologi, Pakar Transportasi, Pakar Kriminologi, dan Jasa Raharja.

Related Articles