Beranda Headlines Korlantas Polri Luncurkan ETLE di Seluruh Indonesia

Korlantas Polri Luncurkan ETLE di Seluruh Indonesia

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Korps Lalu Lintas Polri Genap berusia 67 tahun pada 22 September 2022. Bertepatan dengan Hari Lahir Kepolisian Lalu Lintas, mengusung tema Polantas Presisi pulih dan bangkit bersama menuju Indonesia maju, Korlantas Polri tuntas hadirkan sistem pengawasan tilang berbasis elektronik atau ETLE di seluruh Indonesia.

Sebanyak 26 Polda telah tersedia sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE), dimana 12 Polda sudah melakukan launching ETLE pada tahap 1, kemudian 14 Polda menyusul di tahap kedua.

Bertepatan dengan HUT Lalu Lintas Bhayangkara ke-67 Korlantas Polri kembali melakukan launching ETLE tahap tiga di 8 Polda, di antaranya Polda Aceh, Polda Kepri, Polda Kaltara, Polda Sulteng, Polda Sulbar, Polda Sultra, Polda Maluku, dan Polda Maluku Utara.

Dengan diadakannya launching ETLE tahap 3 yang dilakukan bertepatan dengan HUT Lalu Lintas Bhayangkara sekaligus menandakkan sistem ETLE yang telah beroperasi di 34 Polda seluruh wilayah Indonesia.

Dalam Launching ETLE tahap 3, Korlantas Polri juga turut melakukan pengembangan dan pembaharuan berupa ETLE Mobile Device, dimana sistem ETLE bekerja dalam perangkat elektronik yang digunakan secara portable dan mobile yang terbagi menjadi 3, ETLE mobile on board, ETLE mobile hand held, serta ETLE mobile Apps.

Setiap pelanggaran lalu lintas akan terekam oleh kamera portable yang ada pada kendaraan Polantas (ETLE mobile on board) yang bergerak di titik rawan yang tidak terjangkau kamera ETLE statis.

Sementara ETLE mobile hand held merekam pelanggaran menggunakan perangkat smart gadget yang terintegrasi dengan data ELTE Nasional.

Serta ETLE mobile Apps yang berisi informasi dan konfirmasi penindakan pelanggaran ETLE yang terintegrasi secara Nasional.

Related Articles