Beranda Kegiatan Korlantas Polri Apresiasi Jajaran Sukseskan Arus Mudik

Korlantas Polri Apresiasi Jajaran Sukseskan Arus Mudik

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan, mewakili Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi, mengikuti rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka kesiapan antisipasi arus balik mudik 2022 via virtual zoom meeting bersama Asops Kapolri serta jajaran stakeholder terkait, di pos terpadu operasi ketupat pengamanan lebaran 2022, GT Kalikangkung Semarang, Rabu (4/5/2022).

“Pertama saya ingin mengapresiasi setinggi-tingginya pada seluruh anggota Polri dan stakeholder yang sudah berjibaku pada pengamanan arus mudik ini. Rekan-rekan hingga Dirlantas Jateng sudah berjibaku tidak tidur demi melancarkan arus lalu lintas yang diprediksi akan meningkat bahkan terjadi stagnansi apabila kita tidak melakukan intervensi. Saya apresiasi setinggi-tingginya,” ucap Brigjen Pol Aan.

Pada kesempatannya, Brigjen Aan selaku Pamatwil Operasi Ketupat 2022 wilayah Jawa Tengah memberikan paparan singkat terkait kesiapan menyambut arus balik lebaran 2022 yang diprediksi akan terjadi mulai tanggal 5 Mei 2022 dan puncak arus balik pada 7-8 Mei 2022.

“Keberhasilan arus mudik secara keseluruhan tidak lepas dari strategi yang sudah kita rencanakan sebelumnya. Setidaknya ada beberapa strategi yakni strategi manajemen media, penambahan kapasitas lajur, strategi pengurangan volume kendaraan melalui ganjil genap, strategi penempatan personel pada titik permasalahan, dan rest area,” jelas Dirgakkum.

Dirgakkum menambahkan untuk persiapan arus balik, Ia menerangkan telah menyiapkan CB (cara bertindak) dalam mengantisipasi lonjakan volume kendaraan nanti.

“Kita sudah membuat jadwal yang sudah tersosialisasikan kepada masyarakat. Artinya masyarakat sudah tahu bahwa jadwal oneway ganjil-genap pada arus balik akan dimulai pada hari Jum’at sampai dengan pukul 24.00 WIB. Namun untuk waktu pemberlakuan lebih lanjut bersifat situasional,” terangnya didampingi Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Agus dan Karoops Polda Jateng Kombes Pol Firli R.S.

Dirgakkum mewanti-wanti agar arus balik lebaran ini tidak ada lagi temuan kejadian seperti di Dawuan pada saat arus mudik kemarin.

“Terimakasih atas dedikasi mengamankan arus mudik kemarin, dan tetap semangat pada saat kita mengamankan arus balik nanti, yang tentunya ini akan lebih berat dari arus mudik kemarin, karena masyarakat akan berlomba-lomba untuk kembali pada tanggal 7-8 ini. Ingatkan kembali dan sosialisasikan untuk balik lebih awal,” imbuhnya.

Rapat virtual dipimpin langsung oleh Asops Kapolri Irjen Pol Agung Setya. Turut hadir dalam virtual meet Kadiv Humas, Kapolda bersama Dirlantas wilayah, Dirut Jasa Raharja, perwakilan Dirut Pertamina, perwakilan Dirjen Hubdat, BNPB, Dirut Jasa Marga, ASDP dan seluruh jajaran wilayah dan personel pengamanan.

Related Articles