Beranda Kegiatan Kakorlantas Polri: Mudik Gratis untuk Memecah Kepadatan Kendaraan

Kakorlantas Polri: Mudik Gratis untuk Memecah Kepadatan Kendaraan

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi bersama Kapolda Metro Jaya melepas rombongan masyarakat yang mengikuti mudik gratis polri.

Dibandingkan hari pertama pemberangkatan pada Senin (25/4) kemarin, pada hari ini, jumlah bus dan pemudik mengalami penambahan.

“Hari ini Polda Metro dan Korlantas melepas rombongan kedua mudik gratis. Alhamdulillah sudah kita lepas 26 bus dengan jumlah penumpang 1.041 masyarakat,” kata Kakorlantas Polri, Irjen Pol Firman, Selasa (26/4).

Alasan diadakannya mudik gratis polri, kata Firman, agar bisa mengurai kepadatan kendaraan, dan memecah masyarakat agar dapat mudik lebih awal sebelum terjadinya puncak arus mudik pada 28, 29 dan 30 April 2022.

“Mudik gratis itu ditujukan untuk memecah kepadatan yang diperkirakan pada puncak arus mudik,” jelasnya.

Oleh karenanya, kata Firman, pihaknya selalu menyampaikan imbauan untuk mudik lebih cepat agar tidak terjadi kemacetan panjang di jalan tol.

“Artinya supaya semua bisa menikmati kelancaran jalan, merasakan mudik dengan gembira dan bisa sampai di tempat tujuan kampung halaman,” imbuhnya.

Polisi berharap, setelah pihaknya mengerahkan 400 armada atau kendaraan bus. Maka masyarakat tidak menggunakan roda dua saat mudik ke kampung halaman, dan pihaknya tidak kerepotan mengatur arus lalu lintas.

“Kita ingin masih membantu kelancaran arus lalu lintas. Daripada macet-macetan menggunakan roda dua, bahaya. Lebih baik memanfaatkan mudik gratis ini, tinggal duduk terus sampai ke tujuan, semuanya sehat aman dan sampai kembali,” tuturnya.

“Untuk dari polri kita kemarin memprioritaskan 400 armada rencananya. Total 400 kendaraan bus gratis dari polri untuk bantu masyarakat,” tambah dia.

Related Articles