Beranda Lalu Lintas Jelang Dibukanya Tol Pekanbaru-Bangkinang, Ditlantas Polda Riau Siagakan Personel PJR

Jelang Dibukanya Tol Pekanbaru-Bangkinang, Ditlantas Polda Riau Siagakan Personel PJR

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI -NIDirektorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Riau , mengerahkan sejumlah personel dan mobil patroli untuk pengamanan di Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang

Sebagaimana diinformasikan, jalan bebas hambatan dengan panjang jalur 31 kilometer ini akan dioperasikan tanpa tarif mulai Kamis (27/10/2022), tepatnya pukul 07.00 WIB.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Riau, Kombes Pol Firman Darmansyah mengatakan, terkait pengamanan guna mendukung kelancaran operasional Tol Pekanbaru-Bangkinang , pihaknya sudah berkoordinasi dengan pengelola, dalam hal ini PT Hutama Karya (HK).

“Sudah kita bicarakan dengan pihak HK. Nanti akan ada personel yang kita tunjuk untuk pengamanan,” kata Firman, Sabtu (22/10/2022).

Sementara itu, Kabagbinopsnal Ditlantas Polda Riau Kompol Ruri Prastowo menuturkan, Ditlantas Polda Riau melalui Satuan Patroli Jalan Raya (PJR), mengerahkan 7 personel, dipimpin seorang Kepala Unit (Kanit) untuk pengamanan Tol Pekanbaru-Bangkinang

“Tim ini bertugas melakukan pengaturan, penjagaan, pengawalan dan patroli,” kata Ruri.

Tak hanya itu disebutkannya, petugas juga melakukan Tindakan Pertama di Tempat Kejadian Perkara (TPTKP) kecelakaan lalu lintas di sepanjang jalur tol.

Lanjut Ruri, ada 3 unit mobil patroli yang dapat digunakan personel untuk melaksanakan tugas di lapangan.

Nantinya, akan ada dukungan kendaraan dari pihak pengelola tol juga. Di antaranya mobil derek 3 unit, mobil rescuee 1 unit, mobil patroli layanan jalan tol 4 unit, ambulance 2 unit, dan mobil water tank 1 unit.

Seperti diketahui, konstruksi Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang dikerjakan oleh PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI).

Jalan tol ini merupakan yang kedua di Bumi Lancang Kuning yang dikerjakan oleh HKI, setelah sebelumnya sukses mengerjakan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai

HKI sendiri selaku kontraktor telah memastikan jalan tol yang dibangun sudah siap untuk dioperasikan.

Untuk kondisi lalu lintas saat ini, Hutama Karya menghimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, salah satunya dengan menggunakan satu kartu Uang Elektronik (UE) hanya untuk satu kendaraan serta memastikan kecukupan saldo UE sebelum memasuki gerbang tol.

Apabila pengguna jalan lupa untuk mengisi saldo UE, dapat menggunakan aplikasi HK Toll Apps yang dimiliki oleh Hutama Karya dimana terdapat fitur Cek Saldo UE dan juga dapat melakukan Top up saldo UE.

Selain itu, Hutama Karya terus menghimbau kepada pengguna jalan tol untuk berkendara dengan kecepatan minimum dan maksimum sesuai yang dipersyaratkan, dan tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat.

Segera beristirahat apabila merasa mengantuk di Rest Area terdekat serta untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang berlaku dimanapun berada.

Apabila pengguna jalan tol mengalami atau melihat tindak kejahatan yang ada di jalan tol maupun rest area agar segera melapor ke call centre masing-masing cabang tol.

Related Articles