Beranda News Jalur Menuju Waduk Cirata Purwakarta Tertimbun Longsor

Jalur Menuju Waduk Cirata Purwakarta Tertimbun Longsor

oleh korlantas

KORLANTAS POLRI – Longsoran tebing setinggi 15 meter terjadi di Blok Sangiang, Desa Cijati, Kecamatan Maniis, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Minggu (16/5/2021) malam. Akibatnya, jalan penghubung dari Waduk Cirata ke Kecamatan Maniis sempat lumpuh selama beberapa jam karena tertimbun material longsor.

Kapolsek Maniis, AKP Suparlan, menyebutkan, longsor itu terjadi sekitar pukul 22.00 WIB, setelah hujan lebat mengguyur Kecamatan Maniis sejak pukul 20.00 WIB. Tebing di kawasan Perhutani, tepatnya di RPH Warung Jeruk Blok Sangiang tak kuat menahan derasnya curah hujan. Longsor pun tak terhindarkan hingga menutup badan jalan. Tidak ada korban jiwa dalam bencana alam ini.

“Semalam curah hujannya cukup tinggi. Kontur tanah tebing itu kemungkinan labil dan tidak kuat menahan air hujan,” kata Kapolsek, Senin (17/5/2021).

Pascalongsor, Kapolsek langsung menghubungi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purwakarta dan Pembangkit Jawa Bali (PJB) Cirata. Dari dua instansi itu kemudian mengirimkan satu unit damkar dan satu unit loader untuk membersihkan material tanah dan batu.

“Dini hari tadi seluruh material yang menutup badan jalan sudah bisa dibersihkan. Jalan raya tersebut sudah bisa dilewati kendaraan dari dua arah,” ujar dia.

Untuk mengantisipasi longsor susulan, pihaknya meminta alat berat, yakni loader milik PJB Cirata untuk tetap berada di lokasi. Selain itu, pihaknya mengimbau warga agar waspada. Apalagi sebagian besar wilayah Kecamatan Maniis termasuk rawan longsor.

Related Articles