Beranda Kegiatan Hari Terakhir Pelatihan PPGD, Korlantas Bekali Peserta Ilmu Praktik Lapangan

Hari Terakhir Pelatihan PPGD, Korlantas Bekali Peserta Ilmu Praktik Lapangan

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Hari terkahir pelatihan pertolongan pertama gawat darurat (PPGD) yang dilaksanakan Subdit Laka Ditgakkum Korlantas Polri di Fave Hotel, Jakarta. Selasa 22/3/2022. Dilanjutkan dengan memberi materi praktik kepada para peserta yang dihadiri oleh Kasi Laka jajaran Polda se-Indonesia.

Narasumber dari Emergency Medical Team Dr. H Purawijaya didampingi Dr. Dani Pramudya serta Dr. Johannes memberikan praktek pengetahuannya kepada para peserta terkait bagaimana memberikan pertolongan emergensi pertama pada korban kecelakaan dalam mengantisipasi fatalitas korban.

“Pelatihan ini sangat penting untuk petugas kepolisian, agar dapat melakukan pertolongan pertama yang baik dan benar kepada masyarakat yang membutuhkan apabila sewaktu-waktu terjadi kegawatdaruratan di luar rumah sakit, jadi tidak semata mata hanya menolong saja tapi dibekali dengan keilmuan untuk menolong itu sendiri, sehingga tidak terjadi kecatatan bahkan kematian yang harusnya pasien-pasien disana bisa ditolong,” ucap Dr. Purawijaya.

Dr. Purawijaya juga mengimbau kepada para pengendara agar tetap mematuhi aturan seperti memakai safety belt dan memakai helm standar itu untuk mengurangi resiko apabila terjadi kecelakaan.

“Jadi meminimalisir resiko selama dia mengikuti aturan lalu lintas yang ada,” lanjutnya.

Sementara itu, salah satu peserta Kompol Ismawazir, Kasubbag Anev Bagbinopsnal Ditlantas Polda DIY sangat mengapresiasi pelatihan yang digelar Korlantas Polri ini. Menurutnya jajaran anggota di wilayah yang bertugas di lapangan bisa dikatakan awam terkait penanganan pertama korban kecelakaan, oleh karena itu dengan adanya pelatihan ini bisa memberikan ilmu pengetahuan untuk mengurangi dampak korban kecelakaan.

“Makanya kami sampaikan teman-teman rajin bertanya pada instruktur, karena pengalaman dan ilmu yang kita cari. Terimakasih kepada Korlantas yang telah melaksanakan kegiatan ini, yang selama ini kita tidak tau menjadi tahu, karena ini luar biasa. Ilmu dari sini nanti juga akan diturunkan ke wilayah. Ini akan kami terapkan,” ucap Ismawazir.

Apresiasi juga datang dari Kompol Robiatun, Kasi Laka Subdit Gakkum Ditlantas Polda Sumut.

“Kami para peserta dari seluruh Indonesia cukup antusias untuk mengikuti pelatihan ini karena bermanfaat sekali untuk kami nanti di wilayah. Terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Korlantas tentang kegiatan PPGD ini, semoga terus berlanjut sehingga kewilayahan lebih memahami lagi bagaimana menangani korban dalam penanganan gawat darurat,” kata Robiatun.

Related Articles