Beranda Lalu Lintas Ganjil Genap Juga Berlaku di Cianjur Arah Puncak

Ganjil Genap Juga Berlaku di Cianjur Arah Puncak

oleh korlantas

KORLANTAS POLRI – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Cianjur mulai melakukan ujicoba kebijakan ganjil genap bagi kendaraan bermotor yang mengarah ke kawasan wisata Puncak, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat 3 September 2021.

Namun, kebijakan yang akan diterapkan hingga tiga hari kedepan, mulai Jumat hingga Minggu 5 September 2021 itu tidak berlaku bagi pengendara atau masyarakat lokal.

Kasatlantas Polres Cianjur, AKP Mangku Anom mengatakan kendaraan bermotor, baik sepeda motor maupun mobil yang mengarah kawasan wisata Puncak, Cipanas, Cianjur akan dilakukan pemeriksaan di sejumlah titik check poin.

“Kebijakan itu tidak berlaku bagi pengendara atau masyarakat lokal. Syaratnya dengan memperlihatkan kartu identitas diri, jika warga lokal masih kita persilahkan melintas,” kata Anom, kepada wartawan, Jumat 3 September 2021.

Dijelaskan Anom, penerapan ganjil genap bagi kendaraan bermotor yang mengarah kawasan wisata Puncak, Cipanas, Cianjur itu untuk mengimbangi kebijakan serupa di wilayah Bogor.

“Penerapan uji coba Kebijakan ini, sebagai upaya pembatasan mobilitas masyarakat di masa pandemi COVID-19 dan antisipasi terjadinya penumpukan kendaraan di kawasan wisata Puncak, Cipanas, Cianjur,” ujarnya.

Sebelumnya, Satlantas Polres Cianjur akan melakukan uji coba ganjil genap di ruas Jalur Puncak, Cipanas, mulai Jumat. Ganjil genap diterapkan demi menekan mobilitas masyarakat karena pandemi COVID-19 belum berakhir.

Kasatlantas mengatakan jajarannya telah menyiagakan personil di dua pos check poin ganjil genap di sepanjang ruas jalan utama Puncak-Cianjur. Yakni di Pos Traffic Manajemen Center (TMC) Lantas Polres Cianjur dan Pos Polisi Sukaluyu.

“Sifatnya masih uji coba, hingga tiga hari ke depan mulai Jumat hingga Minggu ini. Semua kendaraan, baik motor maupun mobil yang mengarah kawasan Puncak diterapkan ganjil genap,” kata Anom, kepada wartawan.

Selama uji coba ganjil genap, setiap kendaraan yang mengarah ke kawasan wisata Puncak Cipanas akan dilakukan pemeriksaan kartu identitas dan bukti telah divaksin.

Related Articles