Beranda Kegiatan Edukasi Pengendara Tertib Berlalu Lintas, Satlantas Polrestabes Makassar Dirikan Tugu Knalpot Bising

Edukasi Pengendara Tertib Berlalu Lintas, Satlantas Polrestabes Makassar Dirikan Tugu Knalpot Bising

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Satuan Lalulintas Kepolisian Resor Kota Besar (Satlantas Polrestabes) Makassar, dirikan tugu Knalpot Anti Bising di depan Pos Lalulintas Fly Over Jl AP Pettarani.

Kasat Lantas Polrestabes Makassar, AKBP Zulanda mengatakan, Tugu Knalpot Anti bising ini berbeda dengan tugu lainnya, yang mana tugu lainnya mengutamakan estetika. Tapi tugu ini mengutamakan edukasi.

“Artinya kita gabungkan estetika dan edukasi. Sehingga masyarakat yang melihat tugu ini akan paham bahwa dengan adanya knalpot brong, itu otomatis mengganggu telinga. Makanya saya siluetkan wajah didepanya dan juga ada batu bertuliskan ‘knalpot bisingmu dimana hati nuranimu?’,” kata Zulanda.

Harapannya jelas Zulanda, pengendara yang menggunakan knalpot brong untuk sadar terpanggil dalam dirinya. Supaya mengganti knalpotnya menjadi standar kembali supaya tidak menggangu telinga.

Zulanda pun mengaku sudah lakukan razia penjual knalpot. Sekarang tidak ada toko spare part motor yang jual knalpot. Namun sayangnya, pihaknya tidak bisa menutup yang online karena knalpot di online sangat banyak.

“Harapannya saya lebih ke orang tua, karena rata-rata yang menggunakan knalpot brong para remaja. Saya berharap orang tua jika melihat anaknya membeli maupun dengan cara online agar bisa diingatkan,” harap Zulanda.

Saat ini juga lanjut Zulanda, ada beberapa bengkel yang secara diam-diam memasang knalpot brong tersebut. Setelah dipelajari itu ternyata memasang knalpot tidak terlalu sulit. Bisa melihat di media sosial. Jadi bisa dipasang sendiri.

“Cara pemberantasannya selain sya melakukan razia rutin terutama di malam hari, rencananya juga di depan ini lampu merah membuat space sekitar 25 Meter khusus untuk roda dua. Jadi mobil dibelakang motor,” sebutnya.

“Saya razia ditempat jika temukan ada roda dua menggunakan knalpot brong. Saya langsung pindahkan dan copot disini. Saya minta hubungi keluarganya ambil yang standar dan knalpot brong langsung dia sendiri yang rusak,” sambungnya.

Ditegaskan Zulanda, selain merusak knalpotnya sendiri, tentunya ada sanksi tilang. Namun maksimalnya itu cuma Rp250 ribu, jadi tidak terlalu berefek.

“Ini tugu yang dipasangi knalpot rata-rata harga mahal. Sekitar Rp2 juta sehingga menjadi peringatan. Semahal apapun knalpot yang anda punya itu tidak mempunyai manfaat apabila membuat bising. Bulan ini knalpot mobil 20 dan mobil 65 sudah dihancurkan,” tutupnya.

Related Articles