Beranda Lalu Lintas Ditlantas Polda Sumbar Siap Gelar Operasi Keselamatan Singgalang 2023

Ditlantas Polda Sumbar Siap Gelar Operasi Keselamatan Singgalang 2023

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sumbar akan menggelar Operasi Keselamatan Singgalang 2023 selama 14 hari, dimulai tanggal 7 hingga 20 Februari 2023.

Pada Operasi Keselamatan Singgalang 2023, kepolisian akan mengedepankan penindakan melalui kamera tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) dan juga akan diberlakukan tilang untuk pelanggaran tertentu.

“Operasi Keselamatan Singgalang 2023 akan mengedepankan tindakan preventif, edukatif dan persuasif,” kata Dirlantas Polda Sumbar, Kombes Pol Hilman Wijaya, melalui pesan tertulisnya (5/2/2023).

Hilman Wijaya menyebutkan bahwa operasi kali ini pihaknya akan menindak sejumlah pelanggaran yang kasat mata. Pelanggaran tersebut, antara lain tidak menggunakan helm, melawan arah, hingga pelanggaran yang menyebabkan gangguan dan kemacetan lalu lintas.

“Selain itu, kita pun akan menggunakan tilang manual seperti pelanggaran memakai knalpot brong atau racing, kendaraan tidak memakai pelat nomor, over load kendaraan yang beban tertinggi dan pelanggaran lalu lintas yang meresahkan masyarakat, seperti balap liar. Itu semua akan digunakan tilang manual,” ujarnya.

Hilman menyebutkan, Operasi Keselamatan 2023 digelar dengan tujuan menurunkan angka kecelakaan lalu lintas, pelanggaran lalu lintas dan jumlah fatalitas korban dari kecelakaan lalu lintas. Diharapkan operasi ini bisa meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas.

“Kami mengimbau kepada pengendara jalan raya, kalau bepergian cek surat-surat kendaraan. Jangan sampai nantinya berurusan dengan kami,” tuturnya.

Related Articles