Beranda Kegiatan Ditlantas Polda Sulteng Ajak Pelajar Jadi Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas

Ditlantas Polda Sulteng Ajak Pelajar Jadi Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Tertib dalam berlalu lintas mulai ditanamkan oleh, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sulteng, melalui kegiatan Goes To School, Jumat (12/8).

Ditlantas Polda Sulteng melalui Sub Direktorat (Subdit) Keamanan dan Keselamatan (Kamsel) kali ini mengunjungi SMP Gamaliel Palu dipimpin Kasubdit Kamsel Kompol H. Abu Bakar Djafar.

Sebanyak 200 siswa-siswi SMP Gamaliel sangat antusias menyimak dan mengikuti materi disampaikan tim subdit Kamsel Ditlantas Polda Sulteng.

“Untuk mewujudkan masyarakat tertib berlalu lintas, Subdit Kamsel Ditlantas Polda Sulteng terus gencar melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat,” jelas Kompol H. Abu Bakar.

Abu Bakar mengatakan, sasaran sosialisasi dan edukasipun juga mereka laksanakan kepada para pelajar, ini untuk membekali mereka tentang bagaimana etika berlalu lintas.

“Hal ini perlu dilakukan, agar saat mereka sudah memenuhi syarat untuk mengendarai kendaraan bermotor sudah memahami atuiran berlalu lintas,” ucapnya.

Ia menyebutkan, ada beberapa materi yang mereka sampaikan kepada para siswa, antara lain situasi dan kondisi angka kecelakaan lalu lintas baik 2020 maupun 2021 yang juga menggambarkan berapa orang yang menjadi korban kecelakaan lalu lintas baik meninggal dunia, luka berat, luka ringan dan kerugian materiil.

“Demikian juga faktor penyebab kecelakaan lalu lintas, manfaat penggunaan helm, pemakaian safety belt bagi pengemudi dan penumpangnya,” terang mantan Wakapolres Donggala ini.

Abu Bakar juga menerangkan pengemudi atau pengendara kendaraan wajib memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM) bagi yang sudah memenuhi syarat. Tidak lupa Abu Bakar juga menyinggung keberadaan kamera ETLE untuk merekam pelanggaran yang terjadi di jalan raya,

Dalam kesempatan tersebut, Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Sulteng juga berpesan kepada pelajar yang belum memenuhi syarat untuk tidak membawa kendaraan ke sekolah.

Kegiatan Sosialisasipun semakin meriah dengan dilontarkannya pertanyaan atau kuis yang dipandu oleh Kasubdit Kamsel dengan pemberian hadiah berupa helm bagi yang berhasil menjawab pertanyaan.

Related Articles