Beranda Lakalantas Ditabrak Kereta Api, Pemotor di Kediri Tewas

Ditabrak Kereta Api, Pemotor di Kediri Tewas

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Rohimin (44), seorang pengendara motor asal Dusun Brubus, Desa Papar, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, tewas usai tertabrak kereta api, Minggu (22/5/2022).

Dia tertabrak Kereta Api Kahuripan relasi Kiara Condong-Blitar saat melewati perlintasan tanpa palang pintu di Desa Tanon, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri.

Kerasnya benturan saat kecelakaan, menyebabkan korban dan motor nopol AG 5363 F yang dikendarainya terpental hingga beberapa meter dari lokasi kejadian.

Kepala Kepolisian Sektor Papar Ajun Komisaris Kardi Kukuh mengatakan, peristiwa itu bermula saat korban mengendarai motor seorang diri dari arah timur ke barat.

Sesampainya di lokasi, diduga korban kurang berhati-hati saat menyeberang karena bertepatan dengan datangnya kereta api dari arah utara ke selatan.

“Karena jarak terlalu dekat dan kurang hati-hatinya korban sehingga terjadi kecelakaan,” ujar AKP Kardi Kukuh saat dikonfirmasi, Minggu.

Usai kejadian itu, korban segera dievakuasi ke RS Kabupaten Kediri untuk penanganan lebih lanjut.

Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko mengatakan, dari sisi kereta api, kejadian itu tidak sampai menimbulkan kerusakan pada rangkaian kereta maupun jalurnya.

Namun itu mengakibatkan gangguan berupa keterlambatan perjalanan jadwal kereta api hingga 11 menit.

Atas peristiwa tersebut, Ixfan mengimbau pemerintah daerah yang wilayahnya dilewati kereta api untuk mengevaluasi perlintasan yang ada demi keselamatan bersama.

“Solusinya adalah (perlintasan) ditutup atau dibuatkan pintu plus penjaga,” lanjut Ixfan.

Sejauh ini, ada beberapa daerah yang cukup progresif dalam menindaklanjuti pembuatan pintu dan penjagaannya.

“Madiun sudah buat 2 (palang pintu plus penjaga), Jombang buat 3, Kota Blitar buat 5.” pungkasnya.

Related Articles