Beranda Lalu Lintas Dishub dan Satlantas Polres Galus Rekayasa Lalu Lintas Satu Arah di Kota Blangkejeren

Dishub dan Satlantas Polres Galus Rekayasa Lalu Lintas Satu Arah di Kota Blangkejeren

oleh korlantas

KORLANTAS POLRI – Dinas perhubungan kabupaten Gayo Lues (Galus) bersama petugas Satlantas dibantu petugas lainnya, mulai efektifkan jalan satu arah di kota Blangkejeren hari ini, Jumat (23/4/2021).

Petugas gabungan tersebut melakukan eksekusi dan rekayasa menjadi jalur satu arah mulai ditertibkan dan diberlakukan di seputar kota Blangkejeren tersebut, hal itu dilakukan khususnya Pasar Centong Atas dan Centong Bawah.

Kadishub Galus, Nopal, Jumat (23/4/2021) mengatakan hari ini dilakukan eksekusi dan rekayasa jalur satu arah di kota Blangkejeren tersebut, dan mulai diberlakukan hari ini dengan penjaga oleh petugas dari Perhubungan dan petugas Satlantas.

Nopal menyebutkan, eksekusi jalan menjadi satu arah di kota Blangkejeren tersebut dilakukan dengan tujuan, salah satunya untuk menghindari kemacetan arus lalulintas. Selain itu juga, agar kota Blangkejeren sebagai pusat ibu kota Kabupaten tidak terkesan kumuh dan semrawut.

“Pedagang yang ada dipasaran centong selama ini dieksekusi atau direlokasi kepajak Terpadu Buntul Tajuk Blangkejeren, ditertibkan oleh dinas terkait dan petugas Satpol PP,” sebutnya.

Kadishub mengatakan, dalam upaya penertiban pedagang di pinggir jalan yang dieksekusi untuk dijadikan menjadi jalan satu arah tersebut, kalau terjadi pro dan kontra itu hal biasa. Bahkan dalam hal ini pemerintah tidak ada sifatnya mempersulit masyarakat dan pedagang.

Ini rute jalan satu arah yang mulai dieksekusi dan diefektifkan oleh Dishub bersama petugas Satlantas di Blangkejeren tersebut, dari simpanan empat lampu depan kantor Satlantas atau samping Bank Aceh Syariah Blangkejeren, atau yang dikenal dengan nama jalan yakni jalan Soekarno kemudian pasar lama arah simpang empat Rikit Gaib Takengon.

Selanjutnya yang dieksekusi dan direkayasa menjadi satu arah yang diefektifkan mulai hari ini yakni, dari simpang empat Rikit Gaib arah ke jalan Centong Atas dan Centong Bawah terus arah ke jalan Durin simpang empat lampu merah.

Ruas tersebut selama ini merupakan dua arah yang kini telah menjadi jalan satu arah.

Secara terpisah, Kapolres Galus melalui Kasatlantas, IPTU Ridho RA, mengatakan, tim gabungan dari dinas Perhubungan, Satlantas dan petugas Satpol PP serta instansi terkait lainnya, mengikuti apel di depan Balai Musara Blangkejeren pada pukul 06.00 WIB.

Menurut Kasatlantas, apel sengaja digelar pukul 06.00 WIB atau lebih cepat, agar tidak didahului para pedagang yang selama ini berjualan (berdagang) di pinggir atau bahu jalan maupun ditrotoar yang ada di pasar centong tersebut.

“Apel dalam rangka untuk pelaksanaan penertiban pedagang kaki lima dan pelaksanaan eksekusi menjadi jalur transportasi menjadi satu arah,” sebutnya.

Related Articles