Beranda News Dirlantas Polda Metro Ungkap Strategi Cegah Pungli di Samsat

Dirlantas Polda Metro Ungkap Strategi Cegah Pungli di Samsat

oleh korlantas

KORLANTAS POLRI – Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo membeberkan sejumlah strategi dalam upaya mencegah praktik pungli di kantor Samsat dan Satpas di wilayah Polda Metro.

Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menyebut ada lima langkah yang kini tengah digalakkan pihaknya. Langkah pertama terkait membangun sistem berbasis online untuk mengurangi praktik pungli di Satpas dan Samsat.

“Upaya pencegahan pungli di Satpas atau Samsat yang dilakukan mengurangi interaksi antarpetugas dan masyarakat yang dilayani dengan membangun sistem online berbasis IT (aplikasi SINAR untuk perpanjangan SIM, SIONDEL dan SIGNAL untuk perpanjangan STNK, e-TLE untuk tilang,” kata Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo dalam keterangannya, Rabu (15/9/2021).

Selain itu, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menyebut fungsi pengawasan di kantor Samsat terus ditingkatkan. Sejumlah kamera CCTV telah terpasang untuk mengawasi adanya praktik pungutan liar tersebut.

Pihaknya juga membuka kotak pengaduan masyarakat. Tiap warga yang melihat adanya praktik pungli itu bisa segera melapor.

“Kita memberikan reward and punishment secara tegas bagi anggota yang kedapatan melakukan pungli,” jelas Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo.

Terkait sanksi bagi anggota yang terbukti melakukan pungli, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menyebut hal itu akan ditentukan dari pelanggaran yang dilakukan anggota tersebut. Sanksi-sanksi itu bisa mulai dari demosi hingga penurunan pangkat.

“Ada mekanisme sidang disiplin atau sidang kode etik, ada mutasi demosi, turun pangkat dan sebagainya,” jelas Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo.

Related Articles