Beranda Kegiatan Dirgakkum: Pengembangan Inovasi Penegakkan Hukum Berbasis IT Berkorelasi Terhadap Keselamatan Berlalulintas

Dirgakkum: Pengembangan Inovasi Penegakkan Hukum Berbasis IT Berkorelasi Terhadap Keselamatan Berlalulintas

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Hadirnya penegakkan hukum berbasis IT dengan ETLE diyakini dapat merubah perilaku manusia dalam berkendaraan dan berlalulintas. Hal ini disampaikan Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan dalam forum grup diskusi (FGD) pengumpulan data primer untuk pengembangan buku potret keselamatan lalu lintas di Indonesia edisi ke-6 tahun 2022 oleh Korlantas Polri, Aula Four Point Manado, Sulut, Kamis (21/7).

“Evaluasi kita satu tahun kebelakang bahwa ETLE ini bisa merubah perilaku berkendaraan dan berlalulintas,” ujarnya.

Lanjutnya, Dirgakkum menerangkan bahwa perubahan perilaku berkendaraan dan berlalulintas terlihat dari indikator adanya penurunan pelanggaran pada titik yang terpasang ETLE.

“Ada penurunan pelanggaran dan penurunan pelanggaran ini menjadi satu indikator bahwa ada perubahan perilaku berkendaraan dan berlalulintas yang lebih baik,” sambungnya.

Tambahnya, Brigjen Aan mengambil studi kasus pada lokasi kawasan Sudirman Jakarta. Di lokasi Sudirman yang terpasang ETLE membuat pengemudi menjadi disiplin berkendara serta patuh antri meskipun dalam keadaan macet.

“Inovasi-inovasi ini terus dikembangkan karena akan berkorelasi dengan perilaku berkendaraan. Jika perilaku berkendaraan sudah sesuai aturan, akan berkorelasi juga pada keselamatan dan angka kecelakaan,” jelasnya dihadapan seluruh Kasatlantas wilayah Polda Sulut yang hadir sebagai peserta FGD.

Lebih lanjut, Brigjen Aan mendorong juga mengharapkan untuk terus mengembangkan inovasi-inovasi penegakkan hukum berbasis IT juga pengembangan edukasi.

“Saya harapkan ini terus dikembangkan penegakkan hukum berbasis IT dan edukasi juga dikembangkan. Jangan sampai tujuan atau target indeks 1,37 yang sudah ditentukan oleh kita bisa dipenuhi sampai nanti akhirnya tahun 2035 target indeks kita 0,379. Ini kerja keras kita,” imbuhnya didampingi Kasubdittatib Korlantas Kombes Heri Rio, Wadirlantas Polda Sulut AKBP Yudi Kristanto juga Pakar Transportasi Universitas Indonesia Ir. Tri Cahyono.

FGD Pengumpulan data primer untuk pengembangan buku potret keselamatan lalu lintas di Indonesia edisi ke-6 tahun 2022 oleh Korlantas Polri tahun ini digelar di berbagai wilayah Polda di Indonesia dengan mengusung tema ‘Strategi Stakeholder Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dalam Menjamin Terlaksananya Pelayanan Masyarakat dalam Era Transisi Menuju Pandemi T.A 2022’.

Kadis Bappeda Sulut, Kadis BPTD Sulut Kadis PUPR Sulut, Kadis Kesehatan Sulut, Kadis Kominfo, Kepala cabang Jasa Raharja Sulut, hingga jajaran Polda Sulut turut hadir dalam forum grup diskusi.

Related Articles