Beranda Headlines Cita-cita Almarhum Irjen Pol Purn Drs Gandi Untuk Korlantas Dimasa Lampau Terwujud Saat Ini

Cita-cita Almarhum Irjen Pol Purn Drs Gandi Untuk Korlantas Dimasa Lampau Terwujud Saat Ini

oleh korlantas

KORLANTAS POLRI – Ny. Idawati Gandi, Istri Almarhum Irjen Pol. (Purn) Drs. H Gandi ex Kakorlantas pada masa tahun periode 1987-1990 merasa bahagia dan menyambut hangat kunjungan silaturahmi anjangsana yang dilakukan Korlantas Polri dalam rangka menyambut Hari Lalu Lintas Bhayangkara Polri ke-66, di perumahan komplek Polri, Pengadegan, Blok O no.84, Jakarta (14/9/2021).

Dalam kesempatan singkatnya, Ny. Idawati dengan antusias memberikan sedikit cerita tentang cita-cita semangat pengabdian terkait perkembangan Kepolisian Lalu Lintas di era saat sang suaminya mengemban tugas di kepolisian lalu lintas dengan era saat ini.

“Kalau dilihat kondisi polri khususnya kepolisian lalu lintas sekarang ini, kami melihat sudah banyak sekali kemajuan dibandingkan pada masa waktu sekitar tahun 80-an.” Ujar Ny. Idawati Gandi.

Sambungnya, pada saat era almarhum bapak Gandi, bapak sering mengadakan lawatan kunjungan ke mancanegara dan dari sana lah beliau sering menceritakan kepada kami bagaimana inginnya lalu lintas ini menjadi satu.

“Satu instasi yang disamping bisa berfungsi sebagai penegakkan hukum tetapi juga bisa berfungsi sebagai sarana identifikasi, dimana hal ini juga dapat membantu kepolisian dalam rangka membuka ataupun membongkar kejahatan-kejahatan khususnya yang bisa berkaitan dengan ranmor dan kegiatan yang tentunya berkaitan dengan kendaraan. Karena dari identifikasi inilah bisa dapat diungkap pelaku dari pada kejahatan tersebut.” Terang Ny. Idawati Gandi.

Tambahnya, pada waktu periode almarhum bapak, beliau survey kemancanegara melihat betapa sekitar tahun 80-an itu kemajuan yang ada di luar negeri semuanya sudah di back up oleh teknologi. Sebagai contoh di perempatan lampu merah itu tidak dijumpai satu polisi pun karena semua di back up oleh teknologi dan mungkin kalau sekarang itu CCTV.

“Bapak cerita semua pelanggaran-pelanggaran lalu lintas disana bisa di cover melalui CCTV, tetapi mungkin hal itu dulu belum bisa diterapkan mengingat mungkin teknologi nya belum memback up untuk hal tersebut.” paparnya.

Lanjut Ny Idawati menerangkan, namun alhamdulillah saat sekarang ini kami melihat bahwa dengan berkembangnya teknologi IT ini sehingga semua yang diinginkan atau yang dicita-citakan bapak kelihatannya hampir terwujud semuanya dan bahkan lebih berkembang seiring dengan berkembangnya teknologi yang ada pada saat ini.

“Kami melihat begitu banyaknya CCTV yang bisa memantau pengendara-pengendara yang mungkin melanggar lalulintas, dan baru-baru ini mendengar juga akan ada peluncuran aplikasi pelayanan lalu lintas yang tentunya baik sekali,” imbuhnya.

“mudah-mudahan kedepannya polri khususnya lalulintas lebih maju lagi didalam pelayanan maupun peningkatan fungsi -fungsi lantasnya itu didalam mengemban tugas kedepannya sehingga dapat berperan dan juga mengungkap kejahatan dari segi identifikasi maupun dari segi hal-hal lainnya.” Harapnya.

Terakhir, Ny Idawati Gandi mengucapkan selamat ulang tahun lalu lintas yang ke-66 semoga terus jaya, terus sukses.

“Selamat sekali lagi, mudah-mudahan polri khususnya lalulintas lebih eksis lagi, lebih bisa berkiprah lagi, lebih bisa lagi berbuat yang terbaik untuk pelayanan masyarakat maupun untuk menciptakan ketertiban dimasyarakat dan untuk terciptakan keamanan dan ketertiban dimasyarakat untuk negara yang kita cintai. Bravo lalu lintas, Dirgahayu, selamat ulang tahun yang ke-66. Merdeka.” Tutup Ny Idawati Gandi.

Related Articles