Beranda Kegiatan Cegah Fatalitas Korban Laka, Satlantas Polres Kediri Gelar Pelatihan TPTKP

Cegah Fatalitas Korban Laka, Satlantas Polres Kediri Gelar Pelatihan TPTKP

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Unit Gakkum Satlantas Polres Kediri memberi pelatihan singkat kepada anggota setelah melaksanakan apel pagi di halaman Mapolres Kediri, Rabu (28/9).

Hal itu, untuk menambah pengetahuan dan keterampilan personel dalam melaksanakan tindakan pertama tempat kejadian perkara (TPTKP) kecelakaan (laka) lantas.

Penanganan kecelakaan lantas merupakan serangkaian kegiatan yang dilaksanakan petugas Polri di bidang lalu lintas setelah terjadi insiden di jalan.

Kegiatan itu antara lain mendatangi TKP dengan segera, menolong korban, melakukan TP, mengolah TKP, mengatur kelancaran arus lalu lintas, mengamankan barang bukti, dan melakukan penyidikan kecelakaan sebagaimana disebut dalam peraturan Kapolri nomor 15 tahun 2013.

Pengetahuan di bidang ini sangat diperlukan baik saat bertugas maupun di kehidupan sehari-hari. Sehingga nantinya anggota dapat bertindak cepat dan tepat apabila menemui kejadian yang tidak terduga atau saat mendapat laporan mengenai kecelakaan lalu lintas.

Selain memberikan pelatihan secara materi, pelatihan juga dilakukan dengan simulasi (praktik) secara langsung. Dalam pelaksanaannya, tampak seorang pengendara motor yang terlibat kecelakaan sedang tergeletak di jalanan.

Kemudian Tim Satlantas Polres Kediri tiba di TKP untuk melakukan TPTKP dan melakukan berbagai kegiatan sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya. Seperti melakukan olah TKP, cek kondisi korban, serta membuat sketsa gambar di TKP.

Dengan diadakannya latihan dan simulasi ini, diharapkan seluruh jajaran satlantas mampu bekerja secara profesional sebagai pihak yang menangani perkara laka lantas. Serta demi menghindari adanya komplain dari masyarakat dengan cara memaksimalkan pelayanan yang diberikan anggota kepolisian.

Related Articles