Beranda Lalu Lintas Berantas Gangguan Kamtibmas Selama Bulan Ramadan, Satlantas Polresta Bandung Galakkan Patroli

Berantas Gangguan Kamtibmas Selama Bulan Ramadan, Satlantas Polresta Bandung Galakkan Patroli

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Selama bulan puasa, Satlantas Polresta Bandung menggelar patroli untuk mencegah aksi balap liar di seputaran Jalan Al Fathu dan exit Tol Soroja, Kabupaten Bandung. Patroli antisipasi balap liar itu dilaksanakan polisi terutama pada waktu subuh.

Kapolresta Bandung, Kombes Pol Kusworo Wibowo melalui Kasatlantas Polresta Bandung, Kompol Mangku Anom mengatakan, patroli antisipasi balap liar akan digelar setiap hari selama bulan Ramadan. Menurut dia, sehabis waktu sahur petugas bakal ditempatkan di daerah rawan aksi balap liar.

“Lokasi ini kan biasanya sering dipakai untuk balap liar saat sahur. Makanya, kami selalu tempatkan personel di lokasi yang diduga sering dipakai untuk balap liar,” kata Anom di jalur keluar tol Soreang, Kabupaten Bandung, Minggu, 26 Maret 2023.

Selain di sekitar jalur masuk/keluar gerbang tol Soreang, dia menyebutkan, ada sejumlah daerah rawan balap liar lainnya. Di antaranya ialah di seputaran Jalan Al Fathu, Stadion Si Jalak Harupat, dan di jalan baru arah gerbang Tol Kutawaringin.

Anom mengatakan, patroli juga ditujukan untuk mengantisipasi masyarakat yang akan melaksanakan sahur on the road selama bulan Ramadan. Selain itu, patroli tersebut sekaligus untuk menindak kendaraan yang memakai knalpot bising.

“Kami juga cegah adanya sahur on the road dan patroli antisipasi balap liar ini digelar mulai pukul 3.00 sampai 6.00. Intinya, kami ingin Kabupaten Bandung ini tidak ada balap liar, karena kegiatan tersebut dapat mencelakakan diri sendiri maupun orang lain,” katanya.

Lebih lanjut, Anom mengimbau kepada para orang tua untuk tetap melakukan pengawasan terhadap kegiatan anak selama bulan Ramadan. Dia juga mengimbau agar orang tua tidak memberikan izin kepada anak-anaknya yang masih di bawah umur untuk menggunakan kendaraan bermotor.

“Pentingnya ketegasan orang tua untuk menghindari kemungkinan kecelakaan lalu lintas di jalan akibat aksi balapan liar. Pasalnya, pengguna kendaraan roda dua yang disita knalpotnya dan yang melakukan balapan liar kebanyakan masih di bawah umur,” katanya.

Petugas Satlantas Polresta Bandung menggelar patroli untuk mengantisipasi balap liar di jalur keluar tol Soreang, Minggu (26/3/2023).

Related Articles