Beranda Nasional Antisipasi Pemudik di Hari Raya, Polri Pertebal Personel di Pos Penyekatan

Antisipasi Pemudik di Hari Raya, Polri Pertebal Personel di Pos Penyekatan

oleh korlantas

KORLANTAS POLRI – Menjelang Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah, Selasa (19/7/2021) Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menambah personelnya untuk membatasi mobilitas masyarakat.

Disampaikan Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Rudi Antariksawan jumlah petugas ditingkatkan dua kali lipat di sejumlah ititik penyekatan yang fokus di jalan-jalan tol.

Dikatakan KombesPol Rudi, langkah ini dilakukan guna mengantisipasi mobilitas masyarakat yang hendak mudik jelang Hari Raya Idul Adha.

“Kita tambah pos-pos penyekatan, khususnya di jalur tol. Kemudian jalur arteri kita tambah yang sebelumnya hanya 600 sekian, hampir dua kali lipat kita tambah,” kata KombesPol Rudi Senin (19/7/2021).

Dengan penambahan personel dan sejumlah titik penyekatan, diharapkan mobilitas masyarakat dapat dikendalikan hanya diperuntukan bagi mereka pada sektor esensial dan kritikal. Sedangkan di luar sektor tersebut bisa ditahan atau ditunda terlebih dahulu.

“Memang mobilitas ini kita lihat ini sangat signifikan turun, namun juga yang kita lihat itu yang masih agak lumayan itu di jalan pinggiran-pinggiran. Oleh karenanya, ini perlu potensi-potensi masyarakat kita ajak bersama di RT, RW kemudian tokoh-tokoh masyarakat kita ajak semuanya,” jelas KombesPol Rudi.

“Keluar-masuk Jabodetabek ini sangat signifikan (berkurang). Ini mulai dari tanggal 3 sampai tanggal 16 Juli, ini sebelum itu ada 1.900 juta sekian, kemudian dievaluasi untuk dari tanggal 6 sampai 16 ini hanya 1.100 juta, rata-rata mengalami hampir 40 persen penurunan, ini untuk yang masuk Jakarta,” ungkap KombesPol Rudi.

“Kemudian yang keluar Jakarta juga sama ini juga mengalami angka yang cukup signifikan, kami sampaikan juga sama hampir 40 persen. Ini tadi siang juga kita melakukan pemantauan, patroli udara dengan Kabaharkam juga dan benar-benar di jalur tol ini sudah mengalami penurunan,” lanjut KombesPol Rudi.

KombesPol Rudi juga mengharapkan, minimnya tingkat mobilitas dapat terus ditekan guna meminimalisir angka mobilitas yang terjadi di masyarakat. Sehingga angka penyebaran Covid-19 bisa menurun.

“Kemudian juga di jalur-jalur arteri pun demikian, harapan kita semuanya mobilitas turun, sehingga Covid ini benar-benar bisa turun,” tandas KombesPol Rudi.

Related Articles