Beranda Artikel Antisipasi Dampak La Nina, Polres Karimun Gelar Apel Siaga

Antisipasi Dampak La Nina, Polres Karimun Gelar Apel Siaga

oleh Faris

NTMCPOLRI – Dalam rangka mengantisipasi dampak yang bisa ditimbulkan akibat fenomena La Nina, sejumlah unsur terkait menggelar apel siaga penanggulangan bencana alam di Mapolres Karimun, Jumat (6/11).

Kegiatan ini melibatkan seluruh unsur terkait seperti Pemkab Karimun, unsur TNI-Polri, Basarnas, Tagana, serta unsur lainnya untuk menjaga kesiapan jika mengahadapi terjadinya bencana alam.

Kapolres Karimun AKBP Muhammad Adenan mengatakan, secara geografis, wilayah Kabupaten Karimun yang berbasis pada sektor kelauatan, hal itu sangat rentan terhadap peristiwa bencana alam.

“Misalnya saja angin puting beliung, banjir, kebakaran, gelombang pasang dan rob,” ujar Adena usai pelaksanaan apel siaga tersebut.

Dengan begitum kata dia, diperlukan kesiapan satuan tugas, OPD dan masyarakat yang bertujuan menguruangi dampak resiko yang bisa ditimbulkan apabila terjadinya bencana.

“Kita semua harus dan perlu mengamati semua fenomena alam dan bersiap siaga karena Karimun merupakan wilayah yang rawan bencana. Ini menjadi tanggungjawab kita semua,” jelasnya.

Sebelumnya, Badan Metereologi dan Geofisika Kabupaten Karimun sempat mengimbau pemerintah daerah untuk melakukan koordinasi untuk mengantisipasi dampak yang bisa ditimbulkan atas peristiwa alam tersebut.

“Dengan meningkatnya intensitas curah hujan tersebut, diimbau pemerintah daerah berserta instansi terkait agar berkoordinasi untuk meminimalisir dampak yang mungkin terjadi seperti banjir, angin kencang, gelombang tinggi dan petir,” ujar Kepala BMKG Kabupaten Karimun, Raden Eko Sarjono.

Related Articles