Beranda Lalu Lintas Ada Perbaikan Jembatan, Polisi Gelar Rekayasa Lalin di Jalur Pantura Brebes

Ada Perbaikan Jembatan, Polisi Gelar Rekayasa Lalin di Jalur Pantura Brebes

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Arus lalu lintas di Jalur Pantura Brebes akan direkayasa dalam 10 bulan ke depan. Pasalnya, jembatan Sungai Pemali Brebes yang berada di sisi utara jalur tersebut akan diperbaiki oleh tim Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Rencananya jembatan akan dibangun kembali dengan desain girder baja komposit mulai Kamis (30/6/2022). Kepala PPK 1.1 Jateng Ruas Jalan Nasional Brebes-Tegal-Pemalang, Wisnu Herlambang, mengatakan jalan dari arah barat Jakarta menuju timur Semarang akan ditutup selama perbaikan.

“Pembangunan jembatan karena usia jembatan tua. Dibangun sejak tahun 1977 silam,” kata Wisnu Herlambang.

Pembangunan jembatan dari desain Callenderr Hamilton (CH) ke jembatan girden baja komposit, menurutnya merupakan program pemerintah pusat. Semua jembatan jenis CH yang ada di pulau Jawa juga akan diperbaiki dengan cara serupa.

“Tidak hanya Jembatan Pemali di Jawa Tengah, namun jembatan jenis CH lainnya yang ada di Pantura Jawa,” jelasnya.

Perbaikan jembatan dengan konstruksi girder jembatan komposit yang tidak lagi menggunakan jenis rangka, merupakan paket PKBU dari kementerian.

“Artinya perjanjian kerja dengan badan usaha, yang semua pembangunannya ditanggung oleh investor. Terkait nilai kontrak saya belum dapat informasinya karena itu kewenangan kementerian dan pihak investor,” jelasnya.

Pembongkaran jembatan dan pembangunan jembatan baru akan dilakukan selama 10 bulan hingga April tahun 2023 mendatang.

“Untuk estimasi pengerjaannya mulai hari ini sampai bulan April tahun 2023 mendatang. Sebelum lebaran tahun depan sudah bisa difungsikan,” katanya.

Kanit Turjawali Satlantas Polres Brebes, Ipda Ahdiyat mengatakan, untuk kelancaran lalu lintas, pihaknya menyiapkan rekayasa arus. Kendaraan ringan dialihkan ke jembatan B atau jembatan sisi selatan. Sementara untuk kendaraan berat diarahkan lewat Jalingkut dan Jalan Tol Pejagan-Pemalang.

Ia menambahkan, dalam rekayasa lalu lintas nantinya arus kendaraan dari arah barat ke timur dialihkan melintas di jembatan sisi sebelahnya. Sedangkan dari arah timur ke barat tetap melintas di jembatan dengan pembagian dua lajur.

Related Articles