Beranda Lalu Lintas Ada Perayaan Cap Go Meh, Satlantas Polres Cirebon Kota Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Ada Perayaan Cap Go Meh, Satlantas Polres Cirebon Kota Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Perayaan Cap Go Meh tahun 2023 yang akan digelar pada Minggu 5 Februari 2023 besok bakal menyedot perhatian masyarakat Kota Cirebon dan sekitarnya. Pasalnya, perayaan Cap Go Meh bakal diisi dengan kegiatan kirab budaya dan tentunya membuat kepadatan di jalan.

Kirab budaya yang rencananya akan dimulai sejak pukul 14.00 WIB ini akan berangkat dari vihara Dewi Welas Asih Pelabuhan Cirebon, kemudian jalan Pasuketan, jalan pekiringan, jalan Prujakan, jalan Sukalila, jalan Karanggetas, serta jalan Panjunan.

Selanjutnya akan melintasi jalan Kanoman, jalan Winaon. Kemudian dilanjutkan ke jalan Talang, jalan Kebumen, jalan Yos Sudarso dan berakhir di Vihara Dewi Welas Asih.

Menghadapi kepadatan lalu lintas yang akan terjadi pada perayaan Cap Go Meh, Sat Lantas Polres Cirebon Kota akan melakukan rekayasa lalu lintas di sejumlah ruas jalan di Kota Cirebon. Pihaknya sudah melakukan mapping, untuk melakukan titik pengalihan arus kendaraan, baik dari arah Jalan Raya Kalijaga maupun Samadikun.

Kasat Lantas Polres Cirebon Kota, AKP Triyono Raharja mengatakan, rekayasa lalu lintas ini dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan di dalam Kota Cirebon. Dimana, Sat Lantas Polres Cirebon Kota akan mengalihkan arus kendaraan yang datang dari arah Samadikun, untuk dialihkan sementara ke SPBU Cemara.

“Kalau untuk kendaraan dari arah jalan raya Kalijaga yang mengarah ke BAT, akan dialihkan ke jalan raya By Pass Brigjen Dharsono,” katanya, Sabtu (4/2/2023).

Menurut Triyono, untuk kendaraan kecil, masih diperbolehkan masuk jalan Yos Sudarso. Akan tetapi, nantinya akan dialihkan dari mulai SPBU Cangkol ke arah Pulasaren dan Lawanggada.

Dirinya menambahkan, pengalihan arus lalu lintas juga dilakukan di sekitar jalan KS Tubun dan Prujakan. Menurutnya, rencana pengalihan arus lalu lintas mulai dilaksanakan 1 jam sebelum acara pukul 14.00 WIB.

“Kita siapkan 58 personil, yang nanti akan kami kerahkan untuk membantu kelancaran arus lalu lintas di sekitar lokasi. Tetapi apabila sebelum pelaksanaan sudah banyak masyarakat yang hadir, pengalihan lalu lintas mungkin akan dipercepat,” tuturnya.

Satlantas Polres Cirebon Kota mengimbau, kepada masyarakat Kota Cirebon yang tidak ingin menyaksikan atau ikut berpartisipasi pada kirab budaya tersebut, disarankan untuk menghindari ruas jalan yang akan dilalui rombongan kirab budaya.

Related Articles