Beranda Lalu Lintas 8 Pasar Tumpah Jalur Mudik Karawang, Polisi Siapkan Personel Antisipasi Kemacetan

8 Pasar Tumpah Jalur Mudik Karawang, Polisi Siapkan Personel Antisipasi Kemacetan

oleh korlantas

KORLANTASPOLRI – Delapan pasar tumpah yang berada di jalur mudik di Kabupaten Karawang akan ditertibkan. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan terutama saat arus mudik Lebaran nanti.

Dari pantauan kepolisian ada sebanyak 8 pasar tumpah yang berada di jalur mudik mulai dari kota Karawang, Klari, Cikampek hingga Jatisari. Di jalur tersebut ada sebanyak 5 pasar tumpah yang patut diwaspadai, yakni Pasar Johar di Jalan Tuparev, Pasar Kosambi di jalan Raya Kosambi, Pasar Cikampek di Jalan Terminal Bus , Pasar Pemda Cikampek di Jalan Kebon Kembang Cikampek dan Pasar Jatisari di Jalan Raya Jatisari.

Kemudian di jalur alternatif sepanjang 49 kilometer yang akan dilalui pemudik kendaraan roda dua akan ada 3 pasar tumpah, yaitu Pasar Telagasari di Jalan Raya Telagasari, Pasar Wadas di Jalan Syeh Quro dan Pasar Gempol di Jalan Raya Gempol-Cilamaya.

Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono mengungkapkan keberadaan pasar tumpah berpotensi menimbulkan kemacetan dan rawan kecelakaan jika tidak hati-hati. Apalagi katanya, jelang Lebaran pasar tersebut diprediksi bakal dikunjungi banyak warga.

“Di setiap pasar tumpah kami siapkan personel untuk mengatur arus lalu lintas dan juga orang. Terutama orang yang akan menyeberang harus hati-hati karena akan banyak kendaraan roda dua melintas, apalagi jelang Lebaran pasar tumpah ini banyak dikunjungi warga untuk belanja persiapan lebaran,” kata Aldi saat memantau jalur mudik di Karawang, kemarin Minggu (17/4/2022).

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan sosialisasi kepada pengelola pasar agar secara bersama-sama mengatasi kepadatan lalu lintas.

“Kita akan menata pasar tumpah sedemikian rupa agar tidak menimbulkan kemacetan,” katanya.

Aldi juga mengatakan akan melibatkan relawan untuk membantu polisi dalam mengatur arus lalu lintas di jalur mudik.

“Yang pasti kami nanti bakal dibantu juga banyak relawan di jalur mudik, dan akan tempatkan relawan di setiap titik strategis untuk membantu kami. Bukan hanya di pasar, tapi juga sepanjang jalan yang dilalui pemudik akan ada relawan yang turut membantu,” ujarnya

Related Articles