Beranda Nasional 1326 Kendaraan Diputar Balik di Pos Penyekatan Jalur Blitar-Malang

1326 Kendaraan Diputar Balik di Pos Penyekatan Jalur Blitar-Malang

oleh korlantas

KORLANTAS POLRI – Sebanyak 3.760 kendaraan terjaring penyekatan petugas gabungan di perbatasan Blitar-Malang-Kota Batu selama periode 6-14 Mei 2021.  Dari jumlah tersebut, 1.326 kendaraan di antaranya langsung diputar balik.

“Ada ribuan kendaraan yang diperiksa dan diputar balik,” ujar Kasatlantas Polres Blitar AKP I Putu Angga F, Jumat (14/5/2021).

Kendaraan yang diputar balik terdiri atas 571 motor, 468 mobil, 282 mobil barang dan 5 unit bus. Banyak yang berniat masuk wilayah Blitar. Namun tidak sedikit juga yang bermaksud keluar Blitar. Di posko Karangkates (Perbatasan Blitar – Malang) dan Wates, para pemudik tersebut, terjaring. Begitu juga saat melintasi posko penyekatan mudik di jalan raya Desa Slumbung, Kecamatan Gandusari (perbatasan Blitar – Batu).

Menurut Putu, jumlah pemudik sepeda motor masih mendominasi. Meski pemerintah telah menerbitkan larangan mudik, banyak yang masih nekat melanggar.

“Termasuk angkutan travel gelap juga kita razia. Namun hasilnya nihil,” papar Putu.

Sebagai antisipasi penyebaran Covid-19, penumpang kendaraan yang terjaring razia penyekatan mudik, juga di-swab antigen. Yakni terutama kepada mereka yang diketahui demam tinggi.

Hasilnya semuanya negatif. Putu juga menambahkan, bersama petugas gabungan lain yakni, Dishub, Satpol PP dan Satgas Covid-19, Satlantas Polres Blitar juga meningkatkan penyekatan di jalur-jalur alternatif.

“Jalur tikus berpotensi dipakai para pemudik yang masih nekat hendak mudik,” kata Putu.

Related Articles