Tingkatkan Pelayanan, Kakorlantas Polri Berikan Arahan Tim Samsat Nasional Polda Sulut

DSC_5380

 

KorlantasPolri – Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas)  Polri Irjen Pol Royke Lumowa melakukan kunjungan kerja ke Sulawesi Utara dalam rangka memberikan arahan kepada Tim Pembina Samsat Nasional di Polda Sulut yang dihadiri juga oleh Dirjen Keu Mendagri dan Dir Ops PT. Jasa Raharja pada Pukul 02.00 WITA, Jumat (25/08/2017).
Sebelum memberikan arahan Kakorlantas mengunjungi kantor Samsat Manado, sekitar pukul 10.00 Wita. Kedatangan Jendral bintang dua ini untuk memantau pelayanan yang ada di Samsat Manado. Menurutnya Samsat harus terus berbenah untuk membuat masyarakat puas terhadap pelayanan.
“Kedatangan kami ke Samsat Manado ingin melihat  sistem kerja Samsat Manado seperti apa, kemudian melakukan kerja sama dengan Stakeholder dibidang lalu lintas,” Ujar Royke.
Dalam arahanya Kakorlantas menjelaskan tentang keunggulan ERI yakni Electric Registrasi Integritas yang didalamnya mempunyai 7 keunggulan.
“Samsat harus terus berbenah untuk membuat masyarakat puas terhadap pelayanan. Salah satunya dengan program ERI, ini merupakan program unggulan kita, semua sudah terintegrasi mudah juga untuk dioperasionalkan. Agar nantinya masyarakat puas kepada pelayanan kita,” ucap Royke.
Program ERI (Electronic Registration and Identification) adalah suatu terobosan berbasis teknologi yang dapat menciptakan sistem registrasi dan identifikasi kendaraan secara valid dan akurat. Untuk melaksanakan sistem tersebut diatas diperlukan adanya data registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor yang valid dan akurat.
Ini 7 Keunggulan Program ERI :
1. Integrited : data kendaraan terkoneksi antara polres, polda dan korlantas polri
2. Mudah : mudah di akses dan mudah dioperasionalkan
3. Akuntabel : produk yg dihasilkan dapat dipertanggung jawabkan
4. Realtime : data ranmor yang selalu uptodate
5. Cepat : waktu pelayanan yang lebih baik
6. Tepat : data lebih valid dan kecil kesalahan
7. Efisien : hemat SDM karena secara online
Diagendakan akhir tahun ini sudah berjalan pembangunan program ERI, nantinya ini akan dibangun di 10 Polda dan 100 Polres.