Sambutan

 

Selamat datang di website interaktif www.korlantas.polri.go.id

www.korlantas.polri.go.id merupakan bentuk pelayanan masyarakat online di bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), dimana salah satu elemen penting dalam mewujudkan penyelenggaraan negara yang terbuka adalah hak publik untuk memperoleh pelayanan dan informasi publik sesuai tatanan didalam berbangsa dan bernegara. Dalam hal ini, pemerintahan di Indonesia beserta institusi lainnya seperti kami Korlantas Polri bekerja untuk memastikan bahwa setiap rakyat di seluruh tanah air harus dapat merasakan kehadiran pelayanan pemerintahan di bidang LLAJ yang diselenggarakan oleh Polri sebagai salah satu pemangku kepentingan sesuai amanat Undang-Undang No.22 Tahun 2009 tentang LLAJ. Untuk itu Korlantas Polri selalu berusaha untuk memenuhi hak pelayanan, keterbukaan informasi, dan perlindungan masyarakat yang prima dan lebih mengedepankan kepentingan umum, mempermudah urusan publik, mempersingkat waktu proses pelaksanaan urusan publik, dll.

Kepolisian Lalu Lintas Nasional telah mengidentifikasi lima pilar kebijakan yang akan diterapkan untuk menuju Aksi Keselamatan Jalan Dekade Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) dan rencana aksi lima tahun seperti terlihat pada grafik berikut. Prioritas telah ditetapkan dengan bantuan dari Bank Dunia, Indonesia Infrastructure Initiative, yang didanai oleh AusAID, Bank Pembangunan Asia , dan berbagai lembaga lainnya.

Program-program utamanya meliputi:

1. Kemitraan dengan para lembaga bersangkutan untuk aksi keselamatan jalan;

2. Peningkatan sistem pencatatan kecelakaan lalu lintas;

3. Peningkatan kualitas investigasi kecelakaan lalu lintas;

4. Mempelajari lokasi rawan kecelakaan (“blackspot”);

5. Penegakan hukum dalam hal pengendalian kendaraan berat;

6. Peningkatan sistem untuk mengeluarkan Surat Ijin Mengemudi(SIM);

7. Penegakan hukum untuk mengontrol kecepatan kendaraan dengan menggunakan perangkat elektronik;

8. Penegakan hukum untuk mengendalikan pengemudi yang berkendara dalam keadaan mabuk di berbagai lokasi

9. Pendidikan lalu lintas sejak usia dini

10.Peningkatan identifikasi kendaraan sesuai dengan standar keselamatan

Program ini tentunya hanya akan berhasil jika pihak-pihak yang kepentingan yang terlibat mempunyai tujuan yang sama; jika pihak-pihak tersebut berkomitmen dan aktif berperan serta dalam pelaksanaan program tadi. Lembaga yang berkepentingan harus secara berkala mengevaluasi keberhasilan program dan menerapkan perubahan yang diperlukan dalam mengantisipasi tren baru . Peningkatan kualitas data kecelakaan sangat mendesak, karena data membentuk dasar untuk perencanaan program keselamatan oleh semua pihak yang kepentingan.

Terwujudnya pelayanan LLAJ yang aman, selamat, tertib, lancar, dan terpadu merupakan tujuan yang diamanatkan oleh Undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan berbagai perangkat pengelolaan, antara lain adalah pelayanan Online. Dalam hal ini, untuk mendukung kemudahan pencapaiannya dan dapat menyentuh ke seluruh penjuru masyarakat Negara Kesatuan Republik Indonesia, Korlantas Polri memperkenalkan pelayanan online tahap awal berbasis web melalui www.korlantas.polri.go.id.

Pelayanan online ini akan menjadi komitmen kami untuk di kembangkan terus sehingga pada suatu saat, dan sesuai pertumbuhan ekonomi masyarakat dan teknologi informasi dan komunikasi, penyelenggaraan LLAJ online dapat seluruhnya memenuhi kebutuhan masyarakat dan para pemangku kepentingan di seluruh tanah air.

Hormat Kami.

Kepala Korps Lalu Lintas Polri

Inspektur Jendral Polisi

Drs. Royke Lumowa, M.M.