Pengamanan Idul Adha Sukses Turunkan Angka Kecelakaan dan Korban Meninggal

Kakor Pantau

KorlantasPolri – Puncak arus balik libur Idul Adha telah berakhir semalam. Hari ini, mulai pukul 24.00 kendaraan berat/truk sudah mulai melintas sejumlah jalan tol.

Untuk wilayah tol Cikampek terjadi kepadatan 10km sejak Senin (4/9) dinihari. Sementara untuk kawasan lain seperti, Jagorawi, Cipularang,Cipali serta Merak, saat ini sudah sangat kondusif.

“Sudah tidak ada antrian yang cukup signifikan. Mudah-mudahan ini bertahan 1-2 jam kedepan sudah bisa normal sampai masuk ke Jakarta,” terang Kakorlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa, di Parking Bay km 58 tol Cikampek, Senin (4/9) pagi.

Untuk Brexit tidak ada hambatan sama sekali, situasi sangat kondusif. Walaupun Kaligangsa dan Gringsing tidak difungsikan. Begitupun juga dengan palimanan, terpantau sangat kondusif.

Kakorlantas mengatakan sejumlah personil per polda dikerahkan saat Idul Adha kemarin, dengan masing-masing personil Jawa Barat 12.000, Jawa Tengah 10.000-14.000. Namun untuk titik krusial terpadat konsentrasi berada di Jabar.

Arus mudik Idul Adha tahun 2017 ini dapat dikatakan berhasil bila dibandingkan dengam tahun lalu.

“Pembandingan tahun kemarin, saya pikir, akan lebih baik sedikit dibanding tahun kemarin. Untuk kecelakaan jauh menurun, jumlah kejadian turun 72%. Kemudian jumlah korban meninggal dunia turun secara nasional sekitar 73% sangat jauh. Dari 360 orang, tahun ini 90 orang,” ujar Kakorlantas.