Pelatihan dan Uji Sertifikasi Pengawalan Anggota Polantas Se-Indonesia

Polantas

KorlantasPolri – Guna meningkatkan kemampuan personel kepolisian lalu lintas republik Indonesia dalam melakukan patroli dan pengawalan dilapangan terhadap tamu negara, Presiden, VVIP, VIP, Capres Cawapres dan kegiatan masyarakat lainnya, Korlantas Polri menggelar kegiatan uji sertifikasi pengawalan anggota polantas se-Indonesia.

Kegiatan sertifikasi ini digelar di Pusat Pendidikan Lalu Lintas (Pusdik Lantas) Polri, Jl. Bhayangkara Raya, Paku Jaya, Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten, Selasa, 6-9 februari 2018.

Terhitung sebanyak 119 peserta dari 33 Polda se-Indonesia, tampak antusias mengikuti dengan seksama praktik pelatihan. Usai peserta mengikuti praktik pelatihan, peserta kemudian melanjutkan ketahap pengujian. Seluruh peserta akan diuji langsung oleh 14 tim assesor dan 26 panitia yang ahli dalam bidangnya dari Korlantas Polri.

Dari pantauan dilokasi, seluruh peserta di bagi menjadi 12 kelompok. Nantinya ke dua belas kelompok tersebut akan melakukan praktik pelatihan dan pengujian secara bergantian. Adapun praktik yang dilakukan antara lain, praktik rencana pengawalan, praktik simulasi pengawalan dengan alat peraga.

Diketahui, kegiatan sertifikasi pengawalan 2018 nantinya akan ditutup dengan agenda umpan balik dan rekomendasi keputusan assesmen oleh assesor.

Setelah itu peserta akan kembali ke polda masing-masing.

“Kegiatan sertifikasi ini memang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan masing-masing personel sesuai bidangnya,” ucap AKBP Subono, SPd, MM selaku salah satu tim Asesor dari Kasubbagdalops Bagops Korlantas Polri, saat ditemui.

Adapun tim asesor yang hadir diantaranya Kabag Diklat Pusdiklantas Lemdiklat Polri AKBP Mahar Lamadi, M.M, Kabag Gadik Pusdiklantas Lemdiklat Polri AKBP Ratna Fitriyanti, Kasibiyan STNK Ditregident Korlantas Polri AKBP Hendra Wahyudi, Kasibiyan BPKB Ditregident Korlantas Kompol Aditya Galayudha, Kasubdit Dalmas Ditsabhara Polda Bali Kompol Robby Septiadi, Kompol Sulaeman, S.H, Kompol Dasril Chaniago, S.H, AKP FX Winarko Hendriyanto, AKP Irwansyah, S.H, AKP Wiratno, S.H, Bripka Aris Andriyanto.

“nantinya diharapkan hasil praktik pelatihan dan uji sertifikasi ini, seluruh anggota personel dapat mengimplementasikan sesuai tugas pokok dan fungsinya dilapangan.” pungkas Subono.