PAMERAN MODERNISASI POLANTAS, AJAK MASYARAKAT IMPLEMENTASIKAN KESELAMATAN BERLALULINTAS

KorlantasPolri – Korlantas Polri menggelar Pameran Modernisasi Polantas sebagai Implementasi Tahun Keselamatan dan Kemanusiaan 2017 yang diselenggarakan dari 30 November – 1 Desember 2017 di Atrium Cilandak Town Square Jakarta. Ada 3 inovasi yang dipamerkan oleh Kepolisian diantaranya SIM online, E-Tilang dan E-Samsat .

Salah satu produknya yaitu SIM Online. SIM Online merupakan sebuah inovasi dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang akan mengurus perpanjangan SIM. Dapat memudahkan pengurusan pembuatan dan perpanjangan SIM secara online tanpa harus datang ke daerah asalnya. Dengan Inovasi yang menggunakan data server E-KTP tersebut, pemohon dapat langsung mengurus pembuatan serta perpanjangan SIM pada gerai SIM terdekat.

“Silahkan pak, kalau ingin memperpanjang masa berlaku SIMnya bisa dilakukan disini.”kata Bripda Ela, salah satu polwan yang bertugas pada stand SIM Online.

Sedangkan E-Tilang memberikan kemudahan pengurusan dan pembayaran denda tilang oleh pelanggar dengan memanfaatkan teknologi Android dan jaringan Host to Host Real Time Online. Dengan adanya E-Tilang, pelanggar langsung membayar denda melalui transfer bank to bank.

Sementara untuk inovasi e-Samsat dibuat untuk meningkatkan pelayanan pembayaran pajak daerah dan registrasi kendaraan bermotor dengan menghadirkan inovasi pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan. Pembayaran bisa dilakukan melalui ATM sehingga masyarakat dapat membayar kewajiban pajak kendaraan bermotor mereka dengan cepat dan praktis.

Menambah meriah suasana, dihari pertama acara pameran diisi oleh Festival Band Kampus se DKI Jakarta. Sejumlah anggota band kampus turut serta dalam kompetisi tersebut. Bertindak selaku juri berasal dari musisi terkenal, diantaranya Erwin ex Dewa 19 dan Ekki Soekarno.