Libur Nataru, Kakorlantas Imbau Pengendara Jaga Konsentrasi dan Atur Waktu Perjalanan

Nataru

 

 

KorlantasPolri – Operasi Lilin Terpusat 2018 dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru 2019 digelar Polri bersama instansi terkait, seperti TNI, dan Kementerian. Operasi digelar mulai 21 Desember hingga 2 Januari 2019.

 

Sebelumnya, kepolisian bersama instansi terkait telah melakukan beberapa rapat koordinasi, guna mengambil beberapa kebijakan demi pengamanan dan kelancaran libur Natal dan Tahun Baru.

 

“Kemarin kita sudah melakukan gelar kekuatan dimana operasi lilin dimulai pada tanggal 21 Desember, kemudian komunikasi dengan mitra terkait melakukan rapat-rapat dan pertemuan sehingga diputuskan berbagai kebijakan,” ujar Kakorlantas Polri Irjen Pol Drs, Refdi Andri, M.Si., kepada awak media di Korlantas Polri, Sabtu 22/12.

 

Kebijakan yang pertama adalah menghentikan proyek yang ada pada ruas Tol Cikampek pada masa libur Natal dan Tahun Baru.

“Ada tiga proyek besar yang menjadi perhatian publik yakni, tol eleveted, kereta api cepat dan LRT, kemudian bersamaan dengan itu tentu dengan berhentinya proyek, ruas jalan yang selama ini digunakan untuk pekerjaan proyek bisa di manfaatkan untuk lajur pergerakan kendaraan bermotor sehingga apa yang kita lakukan betul-betul bisa memberikan manfaat yang baik bagi semua pengguna jalan,” ungkap Kakorlantas.
“Kemudian berdasarkan Peraturan Menteri, sudah diputuskan bahwa ada pembatasan penggunaan ruas jalan untuk kendaraan bermotor mobil barang, ada kendaraan tertentu yang di perbolehkan seperti mobil pembawa BBM, pembawa hewan dan pembawa sembako,” lanjutnya.
lebih lanjut Kakorlantas mengatakan bagwa dengan adanya tol Trans Jawa semua sudah sangat baik, pergerakan dari Jakarta menuju Semarang sampai KM 420, kemudian sampai Surabaya KM 750, sudah dapat dilalui dengan baik.
“Segala fasilitas dan perbaikan itu sudah sangat layak dan sudah sangat memadai, baik rambu marka dan fasilitas jalan, rest area dll. kita juga sudah melakukan pengelolaan rest area menjadi lebih baik sehingga pada saatnya dari kemarin sirkulasinya sudah sangat bagus,” tambahnya.
Kakorlantas juga mengimbau kepada para pengguna jalan agar dapat berkonsentrasi ketika mengemudi, khususnya jika berada di jalan tol, serta dapat memanejemen waktu perjalanan dengan sebaik-baiknya.

“Banyak pemandangan yang indah ketika berada di jalan tol, seperti di jembatan kalikuto, kemudian dari Bawen sampai Salatiga ada jembatan yang sangat panjang, turunan yang panjang kiri-kanan, pemandangan hijau tapi janganlah pengemudi untuk tidak konsentrasi pada kawasan itu. Dan juga atur waktu perjalanan, jangan karena jalan tol yang sudah tersambung membuat kita lupa diri, dengan memacu kecepatan, bahkan lupa beristirahat”, tutupnya.