Korlantas Polri Imbau Kendaraan Berat Tunda Perjalanan

Kakor4

KorlantasPolri – Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Drs. Royke Lumowa, M.M mengatakan lancarnya libur Natal dan Tahun Baru 2018, ini juga berkat kerjasama para pengusaha truk-truk besar yang tidak beroperasi saat kepadatan arus lalu lintas terjadi menjelang Natal pada tanggal 22 – 23 Desember 2017 dan usai tahun baru. Sehingga, dengan tidak beroperasinya truk besar, ruas jalan semakin luas untuk para pemudik.

“Terima kasih pada pengusaha angkutan truk maupun pengusaha ekspor impor yang berkaitan dengan pengiriman barang dengan kendaraan berat juga pada pengusaha barang, saya berterima kasih sudah bertoleransi pada mereka yang bepergian di libur Natal dan tahun baru ini,” kata Kakorlantas saat melaksanakan pantauan arus balik libur tahun baru di Cikarang, Senin 1 Januari 2018.

Kakorlantas menambahkan, saat ini memang terjadi cukup kepadatan pada arus balik libur tahun baru di Tol Cikampek arah Jakarta, hal ini dikarenakan adanya titik penyempitan karena pembangunan infrastruktur serta pertemuan kendaraan dari Tol Cipularang dan Cipali yang mengarah ke Jakarta usai liburan.

Terlihat dari pantauan yang dilakukan Kakorlantas, antrian kendaraan terjadi di KM 71 Dawuan hingga KM 41. Namun para petugas sudah mengantisipasi hal tersebut dengan memberlakukan contra flow di KM 65 hingga KM 41. Adanya contra flow ini juga disosialisasikan di rest Area KM 72 kepada para pengendara agar tetap berhati-hati dan bersabar.

Melihat padatnya arus lalu lintas, Kakorlantas mengimbau agar kendaraan atau truk besar lebih dari tiga poros tidak lekas beroperasi di Jalan Tol. Ini , mengingat arus balik tahun baru 2018 masih terus berjalan.
.
Kakorlantas mengatakan, sebenarnya truk besar sudah diperkenankan beroperasi pada Senin (1/1) pukul 24.00 WIB ini. Namun, ia mengimbau agar para pengelola maupun pemilik truk untuk tetap menahan beroperasi hingga esok hari saat kepadatan arus balik sudah mulai menurun.

“Mudah mudahan mereka paham lah sampai pagi, tapi ini imbauan, karena kendaraan masih terus masuk ke arah Jakarta, mudah mudahan semua bisa menahan,” tutup Kakorlantas.