Kakorlantas

Korlantas Luncurkan ERI dan INTAN

KorlantasPolri – Korps Lalu Lintas Polri menggelar dua agenda kegiatan yakni Workshop dan dilanjutkan dengan Launching. Dua agenda tersebut terkait dalam mewujudkan Modernisasi Polantas Sebagai Implementasi Tahun Keselamatan dan Kemanusiaan ‘Menuju Polantas yang Promoter’.

Launching dan workshop digelar langsung selama 3 hari, 7-10 November 2017, di hotel Mercure Convention Centre, Ancol, Jl. Pantai Indah Ancol, Pademangan, Jakarta Utara.

Sebanyak 1.504 anggota Kepolisian Lalu Lintas se-Indonesia, mulai dari Pejabat Utama Korlantas Polri, Staf Korlantas Polri, Dirlantas seluruh Polda, Kasubdit Kamsel, serta Kasatlantas hadir mengikuti kegiatan dengan antusias.

“Kegiatan ini ada dua agenda yakni workshop dan launching dengan dihadiri 1.504 Jajaran polantas dari Sabang sampai Merauke,” sebut Kakorlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa saat ditemui usai membuka kegiatan dan memberikan arahan pada peserta.

Dalam mewujudkan Polantas yang Profesional, Modern, dan Terpercaya (Promoter), Korps Lalu Lintas akan melaunching sistem ERI (Elektronik Registration Integritas) dan INTAN (intelegensi traffic analisis) yang dimaksudkan yakni Samsat Online Nasional Jawa-Bali serta aplikasi Kontak Center.

“Peluncuran Layanan Samsat online Nasional tahap 1 diberlakukan di tujuh Polda. Sedangkan untuk berikutnya diseluruh Polda dengan data terpusat di Korlantas Polri,” terang Kakorlantas.

Sedangkan Kontak Centre sebut Kakorlantas merupakan aplikasi yang berbasis pengetahuan atau pemberitahuan tentang lalu lintas interaktif masyarakat dengan polri (masyarakat dapat berkomunikasi langsung dengan polri).

“Kontak center tersebut nantinya menampung apa saja, seperti keluhan masyarakat, laporan kejadian, dll secara cepat, efisien dan interaktif langsung dengan Polri,” imbuh Kakorlantas.

“Kontak center ini dapat diakses secara cepat, sehingga kita juga akan mampu eksekusi di lapangan dengan segera,” jelas Kakorlantas.

Dalam workshop Modernisasi Polantas Sebagai Implementasi Tahun Keselamatan dan Kemanusiaan ‘Menuju Polantas yang Promoter’ ini diisi pula dengan ragam materi yang disampaikan oleh beberapa pakar, dan didiskusikan kelompok secara berbaur satu sama lain.

Sedangkan Launching akan dilangsungkan besok hari, Kamis, 9 November 2017.