Korlantas: Angka Kecelakaan Libur Idul Adha 2017 Turun Dibanding Tahun Lalu

Pantau Kakorlantas

KorlantasPolri – Anggota Korlantas Polri Kombes Hery Sutrisman mewakili Kakorlantas Irjen Royke Lumowa untuk memberikan perkembangan arus balik liburan di Hari Idul Adha. Kepada Menhub Budi Karya Sumadi, Hery mengatakan Royke tidak bisa langsung menyampaikan karena sedang bertugas di Jawa Barat.

“Karena ada lonjakan arus balik di Jawa Barat, beliau (Royke) memimpin langsung di lapangan,” ujar Hery kepada Budi Karya lewat video conference di Kantor Kemenhub, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Minggu 3 September 2017.

Dalam paparannya, Hery mengatakan bila Korlantas Polri membagi Pulau Jawa dalam empat wilayah pengamatan. Dan tiap wilayah tersebut dikomandani oleh satu orang.

“Wilayah 1, Merak sampai Bakauheni. Wilayah 2 Cikarang Utama sampai Tasikmalaya. Wilayah 3 Cikarang Utama sampai Jawa Tengah, dan wilayah 4 area wisata,” paparnya.

Selain itu, Hery juga melaporkan pada Budi Karya soal jumlah kecelakaan yang terjadi selama arus mudik dan arus balik Idul Adha. Dia menyebut ada penurunan jumlah kecelakaan yang terjadi. Namun, jumlah korban meninggal untuk tahun ini lebih tinggi dibanding tahun 2016 lalu.

“Tahun ini terjadi 315 kecelakaan, korban meninggal 71 orang. Ini turun dari tahun 2016. Tahun lalu ada 1.470 kecelakaan, korban meninggal 60 orang,” paparnya.

Budi Karya yang mendapat laporan tersebut mengapresiasi menurunnya jumlah kecelakaan. Namun, dia meminta semua pihak tetap waspada hingga arus balik selesai pada tengah malam nanti.

“Saya apresiasi penurunan (kecelakaan) kendaraan. Kami tetap minta info waktu malam hari dan tetap fokus,” pesannya.

Video conference sendiri melibatkan beberapa titik di Pulau Jawa dan Bali. Titik-titik tersebut antara lain AP I Surabaya, AP II Semarang, AP I Denpasar, AP I Yogyakarta, AP II Soekarno Hatta. Beberapa stasiun yaitu Cirebon, Gambir, Jember, Madiun, Semarang Tawang, dan Bandung. Selain itu juga ada di ASDP Merak. Untuk pintu tol ada di Cikarang Utara dan terakhir di Kantor Kakorlantas.