Kapolri Resmikan Mapolda Papua Barat

kapolda-papua1

KorlantasPolri – Kapolri Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian meresmikan gedung Mapolda Papua Barat yang terletak di Maripi, Manokwari Selatan, Senin (29/1).

Mapolda Papua Barat ini dibangun di atas lahan lahan 30 ha, dan dilengkapi dengan Rumah Sakit Bhayangkara yang diberi nama Lodewijk Mandacan. Rumah sakit ini akan melayani kesehatan anggota Polri dan masyarakat.

Pembangunan Mapolda Barat menelan dana Rp98 miliar dari total DIPA Polda Papua Barat tahun anggaran 2016 sebesar Rp146 miliar. Gedung berlantai tiga ini dibangun kontraktor PT Waskita Karya. Bangunan dilengkapi dengan laboratorium forensik dan rumah sakit.

Pembangunan Mapolda Papua Barat dinilai sebagai simbol perkembangan di Manokwari, dan kebutuhan anggota di Mapolda otomatis perlu ditambah. Kehadiran Mapolda Papua Barat diharapkan mampu mendongkrak perekonomian rakyat di Manokwari.

“Ini Polda terbesar di seluruh Indonesia dan menjadi kebanggaan bagi masyarakat Papua Barat,” ungkap Kapolri saat meninjau pembangunan gedung tersebut tahun lalu.

Kabid Humas Polda Papua Barat, AKBP Hary Supriyono sebelumnya mengatakan Kapolri dijadwalkan meresmikan Polda Papua Barat dan Rumah Sakit Polri Lodewijk Mandacan di Anday. Selain itu, Kapolri meresmikan rumah pejabat utama Polda Papua Barat di Kampung Soribo.

Turut hadir dalam peresmian tersebut Kakorlantas Polri Irjen Pol. Royke Lumowa, Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli Amar, Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Paulus Waterpaw serta Kapolda Papua Barat, Brigjen Pol. Rudolf A.

Selama di Papua Barat, Kapolri juga dijadwalkan melakukan pertemuan bersama unsur tokoh agama, tokoh adat, dan Forkopimda Papua Barat.