Kakorlantas Polri Prediksi Kepadatan Tol Cikampek Terjadi H+3

Kakorlantas Pantau

 

KorlantasPolri – Memasuki H+3 libur Idul Adha, ruas jalan tol Cikampek terpantau padat merayap, Senin (4/9) pagi. Sistem Contraflow pun diterapkan mulai dari km 64 hingga km 50.

 

Pantauan arus lalu lintas dari Kepala Korps Lalu Lintas Mabes Polri, Irjen Pol Royke Lumowa, lonjakan kendaraan tersebut dimulai saat diberlakukannya kembali pelintasan truk di jalan tol Senin(4/9) dinihari pukul 00.00.

 

“Arus lalu lintas pagi ini didominasi kendaraan berat, karena mulai diberlakukan tadi malam. Mungkin untuk evaluasi, tahun depan operasional truk akan diubah menjadi pukul 12.00 siang,” ujar Kakorlantas.

 

Kakorlantas mengatakan, terlihat antrian kendaraan sejauh 10 km di tol Cikampek. Pihak kepolisian pun telah melakukan upaya contraflow.

 

“Kami telah memberlakukan contraflow mulai km 64 hingga 50, namun upaya tersebut perlu ditambah kembali dari km 44 hingga km 35 karena ujung kepadatan berada di 39, selepas gerbang tol Cikarang Utama sudah lancar,” tutur Kakorlantas.

 

Selain itu, terlihat penumpukan kendaraan mulai km 69. Sedangkan, di km 60 terlihat antrian kendaraan yang berhenti di bahu jalan karena kelelahan.

 

“Rata-rata yang berhenti adalah truk, mereka mengantuk makanya mereka berhenti. Namun sudah kami suruh jalan kembali agar tidak terjadi penumpukan kendaraan,” Kakorlantas di Parking Bay km 58, Senin (4/9) pagi.

 

Saat di km 62 juga turut terlihat penumpukan kendaraan akibat meluapnya kendaraan yang ingin memasuki rest area.

 

“Kepadatan kendaraan di rest area km 62 dan 52. Terjadi penumpukan kendaraan yang ingin masuk ke rest area. Dan kami pun sudah menertibkan kendaraan yang parkir di bahu jalan,” ujar Kakorlantas.

 

Kakorlantas juga menghimbau kepada para pengendara agar tidak memaksakan diri jika dalam keadaan mengantuk dan terhindar dari kecelakaan.

 

“Segeralah beristirahat di tempat yang telah disediakan. Jangan memaksakan diri jika mengantuk,” tutup Kakorlantas.