Kakorlantas Cek Langsung Pengelolaan Samsat di Sulawesi Utara

DSC_5014

KorlantasPolri – Kepala Korps Polisi Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Royke Lamowa melakukan kunjungan kerja dalam rangka meningkatkan kerja sama stake holder dalam membina kelalulintasan di Propinsi Sulawesi Utara.

Kakorlantas juga mengecek secara langsung pengelolaan dan memastikan peningkatan pelayanan publik Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Sulut.

“Kita melihat bagaimana sistemnya, bagaimana ke depan, langkah perbaikannya seperti apa, ini mengarah kepada peningkatan pelayanan publik,” kata Kakorlantas di Mapolda Sulut.

Dalam kunjungannya, Kakorlantas ditemani oleh Dirjen Pendapatan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Arsan Latif, Direktur Operasi Jasa Raharja Budi Raharjo, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Royke juga mengatakan, tujuannya melakukan kunjungan ke Sulut untuk melihat lebih dekat bagaimana implementasi kawasan tertib lalulitas (KTL). Karena menurutnya, daerah KTL merupakan bagian implementasi di dalam memajukan sistem lalu lintas di setiap daerah.

“Itulah, kami dan tim datang untuk mengevaluasi KTL yang sudah tidak jalan, kami akan cek apakah memang sudah tertib atau karena ditinggalkan atau dibiarkan. Dan bagi daerah yang belum ada KTL dan sepantasnya ada KTL, itu juga akan diadakan,” jelasnya.

Ia menambahkan, ke depan pelayanan Samsat akan dibuat lebih simpel yakni melalui online. Tahun ini pelayanan samsat online baru diprioritaskan di daerah Jawa dan Bali.

“Artinya orang Denpasar boleh perpanjang di Cilegon. Tapi tahun depan kami akan kembangkan, termasuk Sulut ini sudah harus di-online-kan samsatnya. Tahun ini kita masih lakukan registrasi online, ini adalah langkah awal menuju samsat online,” urainya.