Kakorlantas Antisipasi Kepadatan Arus Mudik-Balik Libur Natal & Tahun Baru

Kakorlantas1

KorlantasPolri – Memasuki H+1 libur Natal 2017, Selasa (26/12), belum terlihat kepadatan yang cukup signifikan dibeberapa ruas jalan tol arah Jakarta maupun sebaliknya. Diprediksi peningkatan kepadatan akan terjadi nanti malam.

Menurut Kakorlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa, data kendaraan di gate keluar Cikarang Utama untuk hari ini mengalami peningkatan sekitar 19-20% dibanding hari biasanya. Namun, peningkatan ini
Masih diatas normal sehingga tidak menyebabkan adanya antrian kendaraan yang panjang.

“Antrian kendaraan karena adanys bottleneck perbaikan jalan. Panjanh antrian hanya 2 km arah masuk ke Jakarta di km 46. Sedangkan untuk arah keluar Jateng antrian terjadi di km 33,” ujar Kakorlantas di Gerbang tol Cikarang Utama, Selasa (26/12).

Untuk kepadatan lainnya terjadi di kawasan Bandung, Puncak. Sedangkan untuk di Brebes exit belum ada peningkatan di Pantura menuju Jakarta.

“Hari ini merupakan puncak arus balik, namun masih ada puncak-puncak lainnya. Kali ini puncaknya banyak namun pendek-pendek, karena sebagian kantor ada yang belum libur dan ada pula yang sudah masuk,” terang Kakorlantas.

Untuk arus mudik selanjutnya, Kakorlantas memperdiksi kendaraan akan keluar Jakarta pada tanggal 29 Desember malam.
Sedang untuk puncak arus mudiknya akan terjadi tanggal 2 Januari 2018 malam hari.

“Kami selalu antisipasi setiap saat karena arus mudik-balik ini tidak bisa diprediksi, mengingat banyaknya hari kejepit. Pokoknya sejak tanggal 23 Desember 2017 lalu, hingga tanggal 2 Januari 2018 mendatang, kita jaga setiap saat.Kita tak mengenal puncak saat berada di lapangan,” pungkas Kakorlantas.

General Manager Jalan Tol Jakarta Cikampek, Kristanto menjelaskan, pihaknya akan membuka semua gerbang tol sebanyak 31 gate antisipasi terjadinya pertambahan volume kendaraan saat puncak nanti malam.