INI ANTISIPASI KAKORLANTAS JELANG LIBUR PANJANG IDUL ADHA 1438 H

DSC_7525

KorlantasPolri – Jelang libur Idul Adha 1438 H yang jatuh pada hari Jumat (1/9) bertepatan dengan longweekend, Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa melakukan peninjauan langsung ke sejumlah jalan tol di wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Menurut Kakorlantas, pengamanan Idul Adha ini bisa diambil dari Operasi Ramadniya kemarin. Beliau memprediksi volume kendaraan saat masa libur Idul Adha di Jalan Tol Cikarang Utama meningkat 20 persen pada Kamis (31/8/2017). Untuk mengantisipasinya, polisi akan melakukan buka-tutup jalur hingga pelarangan truk melintas di Jalan Tol Cikampek.

“Walau tak setinggi Ramadniya, kita tidak boleh under atau over-estimate. Pengamanan harus tetap di tingkatkan,” ujar Royke.

Royke juga mengatakan, saat Ramadniya kemarin terjadi penumpukan di rest area daerah Jabar dan Jateng sehingga menimbulkan kepadatan. Untuk itu, Kakorlantas menghimbau kepada Polda Jabar untuk menambah dan memaksimalkan petugas diluar Polantas untuk membantu mengurai kepadatan di sekitar rest area.
Tak tertutup kemungkinan nantinya akan ada sistem buka-tutup. Kepolisian juga telah membagi beberapa wilayah antara Polda Jabar dan Polda Jateng agar saling berkoordinasi terkait sistem buka-tutup ini.

“Termasuk buka-tutup nanti berapa gate yang nggak dibuka dan yang akan ditutup. Saya sudah membagi ada 4 wilayah di sana, satu wilayah dan keempatnya ada satu orang Brigadir Jendral yang menunggu di sana, termasuk wasit-wasit yang ada di tempat-tempat sehingga nanti bisa validasi untuk membuka-tutup,” ujarnya.

Selain itu, kepolisian telah memutuskan akan membatasi angkutan berat yang lewat. Pelarangan truk melintas juga akan diberlakukan di Jalan Tol Jakarta-Brebes mulai Kamis (31/8) pukul 12.00 WIB hingga 3 September.

“Kamis jam 12.00 WIB sampai 5 hari ke depan, yaitu Minggu, jadi tanggal 31 Agustus sampai tanggal 3 September kendaraan berat dilarang untuk melintas di jalan tol. Kementerian Perhubungan juga sudah menyampaikan ke stakeholder yang terkait dalam hal ini,” Tutup Royke.