(indonesia) Takjubnya Kakorlantas Kunjungi Kampung Tertib Lalulintas

IMG-20180301-WA0039

KorlantasPolri – Warga Kampung Tertib Lalu Lintas (KTL) di Jalan Tabrani Ahmad, Komplek Ari Karya Indah IX, Pontianak, Kalimantan Barat, tampak antusias menyambut kehadiran Jenderal Polisi Lalu Lintas dari Sabang hingga Merauke, Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol. Drs. Royke Lumowa, M.M, Kamis (1/3).

Kunjungan Kakorlantas Polri beserta rombongan ke Taman Bacaan Kampung Tertib Lalu Lintas (KTL) Komplek Ari Karya Indah IX, dilakukan usai dari Mapolda Kalimantan Barat untuk meresmikan langsung ruang Safety Riding dan Safety Driving, Ditlantas Polda Kalbar sekaligus memberikan arahan kepada jajaran Ditlantas Polda Kalbar.

Perlu diketahui, Kampung tertib lalu lintas tersebut, merupakan Kampung tertib lalu lintas yang pertama di Indonesia yang mana diresmikan sejak September 2017 lalu. Beberapa fasilitas penunjang seperti taman baca dengan buku berisikan wawasan tertib lalu lintas, meja belajar, ruang baca dan lain-lain tersedia.

Terciptanya kampung tertib berlalu lintas di Komplek Ari Karya Indah IX ini antara lain berkat partisipasi penuh pihak masyarakat setempat.

Kebahagiaan Kakorlantas ketika hadir dengan melihat langsung kesadaran warga kampung tertib berlalu lintas dan keadaan kampung tertib berlalu lintas tak dapat ditutupi. “melihat kampung inilah memberikan contoh bahwa kesadaran tertib berlalu lintas khususnya muncul dari dalam diri, bahwa memakai helm pun penting tanpa diperintah bukan karena undang-undang tapi karena kesadaran,” ucap Kakorlantas menyambut sambutan hangat dari para warga dan tokoh masyarakat.

“kampung ini sudah melakukan hal luar biasa tertib berlalu lintas.” imbuhnya.

Kakorlantas pun menjelaskan bahwa kecelakaan lalu lintas hingga meninggal dunia di Indonesia itu setiap satu jamnya merenggut 3 nyawa meninggal karena kecelakaan. “ya satu jam dari Sabang sampai Marauke setiap satu jam 3 orang meninggal,” jelas Kakorlantas.

“sejam 3 orang, setahun 30 ribuan meninggal. Coba Bapak dan Ibu bayangkan. Jadi banyaknya kampung-kampung seperti ini mudah-mudahan bisa turun.” terang Jenderal bintang dua tersebut.

“bukannya mendahulukan yang diatas tetapi data statistic yang berbicara bahwa 2018 ini menurut data yang meninggal karena kecelakaan lalu lintas 20 – 30 bukan mendahului yang maha kuasa.” lanjut Kakorlantas.

Kakorlantas menganggap kampung tertib lalu lintas yang diciptakan ini luar biasa. “semoga ada kampung-kampung lain di Pontianak yang mempelopori kampung ini, dan saya pikir bukan hanya tertib lalu lintas tetapi tertib yang lain seperti tertib sosial.” harap Kakorlantas.

Kampung ini sebut Kakorlantas sebagai pelopor cikal bakal untuk kampung-kampung yang ada di Pontianak menjadi tertib gara-gara kampung Ari Karya IX.

“saya doakan semoga keselamatan di Pontianak Kalimantan Barat khususnya dikampung ini sangat tinggi dan dimulai dari anak anak sejak lahir.” pungkas Kakorlantas.