(indonesia) Kakorlantas Gelar Rapat Koordinasi Pengamanan Arus Mudik 2018 dengan Stakeholder Terkait

rakor-pam-mudik-2018

KorlantasPolri – Menjelang pelaksanaan pengamanan arus mudik dan balik lebaran tahun 2018, Korlantas Polri menggelar rapat koordinasi persiapan pengamanan arus mudik/balik Idhul Fitri 1439/2018 di ruang rapat lt. 6 gedung NTMC POLRI Jl MT Haryono Kav 37-38 Jakarta Selatan, Selasa (6/3/2018).

Hadir dalam rapat diantaranya Kakorlantas Polri Irjen. Pol. Drs. Royke Lumowa, M.M, Dir. Kamsel Korlantas Polri Brigjen. Pol Drs. Chrysnanda Dwilaksana M.Si, Kabag. Ops Korlantas Polri Kombes. Pol Benyamin M.M, Dirut Jasa Raharja Budi Raharja, GM Jasa Marga Budi Cahya Arinta Budiawan, Pejabat Utama Korlantas Polri, para Dirlantas Polda yang wilayahnya terkait arus mudik serta Stakeholder terkait persiapan arus mudik.

Dalam paparannya, Kakorlantas menyampaikan 6 hal utama yang harus diperhatikan saat pengamanan arus mudik dan balik mendatang. Pertama, keterpaduan dan kerjasama antar instansi terkait. Bila ada kegagalan ditanggung bersama dan jika berhasil bukan hanya keberhasilan dari Kepolisian semata.

“Yang kedua teliti kembali apa ancaman tahun ini, baik kelancaran maupun keselamatan. Menyambung ke tiga buat rumusan atau formula untuk mengatasinya dari sekarang.” jelas Kakorlantas.

Kakorlantas melanjutkan, yang ke empat tempatkan petugas dengan tepat agar efektif dan efisien. Ke lima evaluasi dan perbaiki dari sekarang kekurangan yang ada.

“Terakhir, adakan latihan-latihan dan pembekalan antara pusat dengan daerah agar berkesinambungan.” jelas Kakorlantas.

Selain menyampaikan hal utama, Kakorlantas secara khusus soroti titik rawan yang harus diantisipasi dari sekarang. Diantaranya tol Jakarta-Cikampek, tol Pasteur Bandung, Brexit, tol Cileunyi, Exit tol Weleri, Pemalang Exit (Pangsit), Tingkir, Simpang Mengkreng dan Pasar Tonjong.

“Siantar Prapat, Natal kemarin juga macet. Tapi itu semua masih butuh kajian dan penelitian lagi.” ungkap Kakorlantas.

Diakhir, Kakorlantas menekankan bahwa rest area di ruas tol Cikampek dan Cipali tetap menjadi yang utama prioritas pengamanan khususnya arus balik.