Korlantas Polri | Contact Center

Korlantas Polri

Jl. M.T. Haryono Kav. 37-38 Jakarta Selatan, 12770
korlantas@polri.go.id

Kesigapan dalam memberi pelayanan yang prima kepada masyarakat kini menjadi semangat tersendiri bagi berbagai instansi untuk terus berbenah. Terlebih lagi, di era digital dan arus cepat informasi, dibutuhkan berbagai inovasi atau perubahan cara agar proses layanan bisa lebih efektif untuk diterima masyarakat. Begitu pun dengan institusi Kepolisian Republik Indonesia atau Polri.

Untuk memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan secara mudah, responsif, dan tidak diskriminatif, Korlantas Polri pun memiliki layanan Contact Center Telepon 1500669, SMS 9119 dan Aplikasi Mobile Android maupun IOS. Layanan ini dibentuk untuk memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat terhadap terselenggaranya layanan informasi lalu lintas dan keamanan publik.

Dikutip dari situs resmi Polri, dalam penyelenggaraan layanan contact center, telah disiapkan sebuah sistem aplikasi yang dapat memungkinkan pencatatan atau perekaman setiap interaksi lalu lintas, sehingga dimungkinkan pengendalian respons kebutuhan masyarakat terhadap Korlantas Polri.

Masyarakat yang nantinya melakukan panggilan ke nomor akses 1500669 akan langsung terhubung ke agen yang akan memberikan layanan berupa Pengaduan (Kecelakaan, Kemacetan, Pungli, dll) serta informasi (Lalu lintas, BPKB, SIM, STNK, dll).

Masyarakat bisa menggunakan layanan Contact Center 1500669 ini 24 jam. Namun, Korlantas Polri mengimbau agar layanan tersebut tidak dibuat main-main karena jika nantinya terjadi seperti itu, pihak Polri tentu akan melacak masyarakat yang membuat laporan bohong.

  • Melalui Telepon dengan nomor 1500669;
  • Melalui SMS dengan nomor 9119;
  • Melalui Aplikasi baik Desktop maupun Mobile.

Informasi, meliputi :
  1. Lalu Lintas;
  2. BPKB;
  3. SIM; dan
  4. STNK.
Pengaduan, meliputi :
  1. Kemacetan;
  2. Kecelakaan;
  3. Rambu-Rambu
  4. Balapna Liar;
  5. Calo; dan
  6. Pungli.
  • Masyarakat dapat mengirimkan SMS berisi laporan, pengaduan maupun permintaan informasi melalui SMS ke 9119;
  • Layanan SMS 9119 terintegrasi dengan semua operator seluler di Indonesia; dan
  • Tarif SMS berlaku tariff normal di masing-masing operator.
Untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada masyarakat seiring dengan kemajuan teknologi layanan contact center menyiapkan aplikasi yang dapat di unduh di Playstore atau Appstore : :
  • Dimulai pada tahun 2013 dengan layanan tersedia melalui telephone 1-500-669 (call center);
  • Pada tahun 2017 dilengkapi dengan aplikasi mobile (APLIKASI NTMC CONTACT CENTER di Android dan IOS) serta layanan SMS 9119 yang terintegrasi dengan seluruh operator seluler di Indonesia
  • Pada tahun 2017 sebutan Call Center diubah menjadi NTMC CONTACT CENTER seiring dengan lebih lengkapnya opsi kanal aduan.