Korlantas Polri

Jl. M.T. Haryono Kav. 37-38 Jakarta Selatan, 12770
korlantas@polri.go.id

Berita

#
Rosidi Media | 21 May 2020 | 55 |

Ditlantas Polda Jatim Berikan Dispensasi Perpanjangan SIM Selama Pandemi Covid-19

KORLANTAS POLRI - Ditlantas Polda Jawa Timur (Jatim) mulai hari ini Kamis-Senin (21-25/5/2020) selama masa libur lebaran akan menutup pelayanan perpanjangan maupun pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) baru.

Bagi masyarakat Jatim yang masa berlaku SIM habis pada masa libur Lebaran tersebut mendapatkan dispensasi dan bisa melakukan perpanjangan pada Selasa (26/5/2020) saat pelayanan kembali dibuka.

Ditlantas Polda Jatim juga memberikan kelonggaran kepada para warganya yang tidak bisa memperpanjang SIM tepat waktu, di masa pandemi Corona ini.

Kasubdit Regident Ditlantas Polda Jatim AKBP Budi Adhy Buono mengatakan, bagi masyarakat yang SIM-nya sudah habis pada saat libur Lebaran tidak perlu khawatir karena bisa melakukan perpanjang setelah pelayanan dibuka.

“Kalau pas libur Lebaran itu ternyata SIM-nya habis masa berlakunya, tidak masalah ada dispensasi sampai pelayanan SIM kembali dibuka,” kata AKBP Budi Adhy Buono.

AKBP Budi Adhy Buono menambahkan, dispensasi perpanjangan SIM tidak hanya diberikan kepada masyarakat yang masa berlakunya habis pada masa libur Lebaran.

Tetapi, juga bagi masyarakat yang tidak bisa melakukan perpanjangan SIM tepat waktu di masa pandemi Covid-19 ini.

“Kami memberikan kelonggaran kepada warga yang masa aktif SIM-nya habis di masa pandemi ini. Meski perpanjangan SIM tidak dilakukan tepat waktu asalkan ada alasan yang logis tidak apa-apa,” jelasnya.

AKBP Budi Adhy Buono mengatakan pihaknya belum bia memastikan kapan dispensasi terus diterapkan. Akan tetapi, selama masa pandemi Covid-19 ini pihaknya akan memberikan keringanan kepada warganya.

“Ya selama pandemi ini, kami berikan kelonggaran. Asalkan yang memperpanjang bisa memberikan alasan yang masuk akal, misalkan tidak bisa perpanjang karena apa,” tuturnya.

Sementara itu, selama masa pandemi Corona Ditlantas mengurangi jam pelayanan pembuatan SIM hingga pukul 12.00 WIB.

Tak hanya itu, protokol kesehatan Covid-19 juga diterapkan dengan ketat untuk mencegah penyebaran virus Corona.

“Kalau biasanya kan pelayanan mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 14.00 WIB, dengan adanya pandemi ini dikurangi mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB saja. Lalu protokol kesehatan Covid-19 juga akan diperketat,” ucap AKBP Budi Adhy Buono.