Korlantas Polri

Jl. M.T. Haryono Kav. 37-38 Jakarta Selatan, 12770
korlantas@polri.go.id

Berita

#
Rosidi Media | 13 Feb 2020 | 27 |

Pamit dari Korlantas, Brigjen Halim Pagarra Persembahkan Inovasi Baru Bidang Regident

Bidang Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri merencanakan beberapa program perbaikan peningkatan, juga program baru untuk tahun 2020. Hal ini disampaikan langsung oleh Dirregident Korlantas Polri Brigjen Pol Halim Pagarra di hari ketiga Rakernis Fungsi Lalu Lintas T.A 2020, Kamis 13/2/2020.

Salah satu program baru bidang Regident adalah akan dikeluarkannya Tanda Nomor Kendaraan Bermotor Listrik, baik roda empat maupun roda dua.

“TNKB kendaraan listrik akan segera dikeluarkan tandanya hanya diberikan sedikit warna biru pada bagian bawahnya, agar polisi bisa membedakan bila kendaraan listrik melewati jalan Ganjil-Genap, karena dia bebas melintas di sana,” ujar Dirregident.

Selain itu, beberapa program dan peningkatan layanan di bidang Regident dilakukan dalam upaya peningkatan pelayanan di era teknologi digital. Diantaranya; Aplikasi Samsat online nasional, Sistem ERI secara terpusat, ANPR pengenalan TNKB secara otomatis, Registrasi Online NRKB Pilihan (Ropilnas), Smart STNK dan sebagainya.

“Seperti SIM online yang kini pembuatan atau perpanjangannya bisa dimana saja, karena sudah terintegrasi dengan data dukcapil, dengan e-KTP yang kini kita kenal dengan Smart SIM. Ke depan pelayanan lain juga segera kita tingkatkan,” ujar Dirregident.

Penjelasan Dirregident dilanjutkan oleh para Kasubdit Regident, yakni Kasubdit STNK Kombes Aan Suhanan, Kasubdit SIM Kombes Hery Sutrisman, Kasubdit SBST Kombes Pol Wandy Rustiawan, dan Kasubdit BPKB Kombes Taryadi yang berpesan kepada para Dirlantas dan jajaran agar beberapa poin pelayanan lebih ditingkatkan, diantaranya:

Integrasi sistem dengan bapenda pada aplikasi ERI, ini belum semua wilayah terwujud,
Cek fisik kendaraan bermotor dengan sistem digital,
Optimalisasi Perangkat SIM. Bila alat sudah tua, koordinasikan dengan OJK terkait bagaimana cara penghapusan aset negara untuk meningkatkan PNBP yang lebih prima,
Peningkatan pelayanan SIM Internasional dengan segera dilaunchingnya SIM Online Internasiomal pada tanggal 20 Februari ini, yang sudah terintegrasi dengan dukcapil.,
Pelayanan SIM harus zero Wilayah Bebas Korupsi.
Diakhir penjelasannya terkait program-program Regident ke depan, Brigjen Pol Halim Pagarra pun turut pamit dari Korlantas Polri, karena mulai hari Jumat sudah resmi menjabat sebagai Wakapolda Sulsel.

“Saya undur diri, dan haturkan permohonan maaf saya bila ada segala salah selama di Korlantas. Mohon ijin bapak Kakorlantas. Semoga kita semua dapat memajukan institusi yang kita cintai. Sukses semua,” ucap Dirregident.