Kakorlantas Polri Ajak Personel Ditlantas dan Satlantas Polda Sumut Jadi Polantas Sejati

7 Amanat Kakorlantas kepada Seluruh Polantas

KorlantasPolri – Kegiatan Workshop dan Launching Modernisasi Polantas yang digelar Korlantas Polri dan dihadiri para Dirlantas dan Kasatlantas serta seluruh pejabat satuan lalu lintas di wilayah yang dimulai dari tanggal 7-10 November 2017, resmi ditutup oleh Kakorlantas Polri Irjen Pol. Drs. Royke Lumowa, M.M.

Sebelum ditutup Kakorlantas, para peserta Workshop mendengarkan sambutan dari Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, S.H.. dan Dirjen Perhubungan Darat Irjen Pol. Drs. Budi Setiadi yang turut hadir dalam acara tersebut.

Dalam sambutannya, Tjahjo Kumolo sangat mendukung atas aplikasi yang diluncurkan Korlantas Polri sebagai perubahan dalam menghadapi era modern saat ini.

Tjahjo mengatakan bahwa dengan terobosan dan perbaikan sistem yang ada di Korlantas, kini data masyarakat yang berada di Korlantas dapat diberikan dan disesuaikan dengan E-KTP, dan hal ini akan meminimalisir tindak kriminalitas yang sering digunakan dengan membuat KTP ganda. Ke depan Tjahjo berharap database yang berada di pencatatan sipil dengan kepolisian sudah bisa terintegrasi, sehingga identitas warga tidak dapat digandakan dan disalahgunakan.

“Pemerintah sangat mendukung terobosan-terobosan yang dilakukan Polri, khususnya Korlantas. Terimakasih sudah memberikan database untuk disesuaikan dengan KTP elektronik, dan ini sangat membantu,” ujar Tjahjo.

Sedangkan Dirjen Perhubungan Darat Irjen Pol. Budi Setiadi dalam sambutannya menyampaikan bahwa tugas dari Kementerian Perhubungan tidak akan pernah lepas dari kerjasama dengan Polri, khususnya jajaran lalu lintas.

Budi berharap Berharap dapat terus menjalin kerjasama antar instansi baik di pusat maupun di wilayah. berkorelasi dengan para jajaran polantas di wilayah. Ia mengatakan bahwa jajaran polantas di wilayah dapat memberikan masukan terkait penempatan marka jalan yang sesuai demi kamseltibcar lantas.

“Tidak hanya masukan, pengawasan dari polantas di wilayah juga diperlukan, agar tidak terjadi penyimpangan tugas dari dinas perhubungan di wilayah,” ucap Budi.

Kakorlantas Polri dalam sambutannya di Workshop dan Launching Modernisasi Polantas memberikan tujuh amanat kepada seluruh polantas di Indonesia.

Tujuh amanat Kakorlantas Polri, sebagai berikut :

1. Marilah terus meningkatkan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Ini merupakan modal utama dalam membangun karakter insan polri dalam menjalankan tugasnya.

2. Tingkatkan terus pelayanan prima dibidang lalu lintas, menuju polantas modernisasi yang berbasis IT.

3. Siapkan SDM yang baik dan benar, yang mampu menangani tugas kepolisian di bidang IT, demi mendukung program-program polantas.

4. Kurangi, kalau bisa hilangkan budaya konsumtif yang dapat berakibat koruptif. Dan ini harus dimulai dari pimpinan agar memberikan contoh kepada bawahannya.

5. Tidak arogan dan kekerasan lainnya dalam menjalankan tugas. Utamakan kesabaran.

6. Tingkatkan pengawasan kepada anggota di lapangan guna merubah sisi negatif.

7. Siapkan pengamanan yang baik menjelang Natal, Tahun Baru, Pilkada Serentak, dan Pilpres 2019.

Usai mengetuk palu sebagai tanda ditutupnya Workshop dan Launching Modernisasi Polantas. Kakorlantas menyampaikan ucapan terimakasih kepada para peserta yang sudah hadir dalam acara ini.

“Sampaikan salam saya untuk keluarga di rumah. Dan jadilah polantas-polantas yang sejati. Berdiri tegak membela hak-hak yang benar,” tutup Kakorlantas.