2019, Kakorlantas Targetkan Samsat Online Berjalan Serentak di Seluruh Indonesia

Kakorlantas Polri

KorlantasPolri – Korlantas Polri Gelar Rapat Koordinasi Pembina Samsat Nasional 2018 bersamaan dengan penandatanganan nota kesepahaman bersama dan PKS kerjasama Samsat Online Nasional tahun 2018 di Kartika Plaza, Kuta, Bali, 15 November 2018.

Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri dalam keterangannya, menargetkan layanan ini sudah bisa diterapkan di seluruh provinsi Indonesia tahun depan. Seluruh provinsi di Indonesia, mayoritas telah menerapkan pelayanan e-samsat atau samsat online.

“Sekarang masing-masing provinsi sudah melakukan internal, artinya mereka melakukan online pada kabupaten/kota. Tapi yang online seluruh Indonesia ada 24 provinsi, tinggal 10 lagi nih, akan kita programkan di tahun depan,” kata Kakorlantas.

“Mudah-mudahan semua provinsi di Sulawesi, kemudian Maluku dan Maluku Utara, Papua dan Papua Barat pada awal tahun depan sudah bisa dijalankan seluruh Indonesia,” kata Kakorlantas.

Kakorlantas menambahkan, program Samsat Online yang sudah di launching pada 2017, akan disempurnakaan pada 2019. Dengan layanan samsat online, masyarakat bisa melakukan transaksi di mana saja tanpa perlu antre.

“Kemudahan e-samsat bisa melakukan transaksi di mana saja, tidak perlu lagi antre-antre di kantor Samsat. Kemudahan waktunya efisien, tidak sampai 2 menit melakukan transaksi untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor dan kecelakaan lalin, dan pengesahan STNK, itu semua online,” kata Kakorlantas.